Peringati HUT ke-74 RI, Ini yang Dilakukan Polres Nganjuk

Nganjuk, megapos.co.id РSetelah menggelar lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) tingkat SLTP sederajat  se-Kabupaten Nganjuk yang dilaksanakan pada Rabu (14/8/2019) di Gedung Juang 45 Nganjuk, besuk malamnya, Kamis (15/8/2019) Polres Nganjuk menggelar doa bersama di halaman mapolres.

Tak hanya itu, untuk memeriahkan peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia, Polres Nganjuk juga menggelar lomba gapura yang diikuti oleh seluruh jajaran polsek yang berada di bawah naungan Polres Nganjuk.

Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta mengatakan, rangkaian perlombaan sengaja digelar untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta mengingat perjuangan para pahlawan yang telah gugur membela kemerdekaan.

“Lomba PKS tujuannya untuk meningkatkan disiplin para pelajar dalam menjaga keamanan di lingkungan sekolahnya, termasuk pengaturan lalu lintas saat masuk dan pulang sekolah,” paparnya, Sabtu (17/8/2019).

Dewa menjelaskan, sedangkan doa bersama tujuannya untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur dalam membela, merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam doa bersama ini, kata Dewa, berharap kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjaga dan mempertahankan NKRI.

“Semoga NKRI tetap utuh dan kokoh serta dijauhkan dari berbagai pihak yang akan berusaha memecah belah kersatuan dan kesatuan yang selama ini kita bangun,” ungkapnya.

Selain dua kegiatan tersebut, lanjutnya, Polres Nganjuk juga menggelar lomba gapura. Tujuannya, untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

“Lomba diikuti oleh polsek jajaran. Ada beberapa kriteria dalam perlombaan pembuatan gapura tersebut. Di antaranya keunikan, estetika, dan kreativitas dalam gapura yang dibuat,” sebut Dewa.

Bagi polsek jajaran yang mengajak masyarakat dalam membuat dan mendirikan gapura, juga masuk dalam kriteria penilaian. Sedangkan pembuatan gapura ini berada di depan pintu masuk masing-masing polsek.

“Yang jelas, supaya menarik perhatian masyarakat agar dapat merasakan suasana baru di polsek-polsek maupun Polres Nganjuk. Hasilnya, banyak gapura-yang unik serta kreatif, yang dibangun kolaborasi bersama masyarakat,” pungkas Dewa didampingi Wakapolres Kompol David Triyo Prasojo. (*)

Editor : M. Hartono