Peringati HUT Ke 74 RI, Kecamatan Kabat Gelar Karnaval

Banyuwangi, megapos.co.id – Memperingati HUT Kemerdekaan ke 74 RI, Pemerintah Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi menggelar karnaval.  Kegiatan yang digelar pada Senin (26/8/2019) ini mengambil tema ” Pawai Budaya Dan Aktualisasi Seni Daerah “. Dalam kegiatan tersebut, masing-masing peserta menampilkan berbagai macam pakaian kostum busana daerah khas dari Kerajaan Blambangan dan Majapahit.

Acara kegiatan ini diikuti oleh peserta dari tingkat TK, SD, MI, SMP, SMA dan umum.   Selain untuk  memeriahkan HUT RI ke 74, acara ini digelar untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan mengenang jasa – jasa Pahlawan melawan kaum penjajah Belanda, hingga Negara Indonesia Merdeka sampai sekarang.

Menariknya, Camat Kabat, Susanto ikut serta memeriahkan HUT Kemerdekaan ke 74 RI dengan mengambil bagian memerankan Minak Jinggo dan dikawal oleh beberapa prajurit yang melambangkan Kejayaan Bumi Blambangan mengalahkan Kerajaan Majapahit.

Adapun Kades Benelan Lor Hanib juga menampilkan budaya dan potensi tanah air dengan emakai kostum busana petani wanita sedang pergi ke ladang untuk bercocok tani.

Untuk diketahui, kegiatan karnava mengambil start di halaman kantor Kecamatan Kabat dan finish di Perumahan Puri Gading Desa Dadapan Kecamatan Kabat yang ditempuh dengan jarak 4 km.

Pantauan megapos.co.id, kegiatan ini sempat membuat kendaraan pengguna lalu lintas macet total, namun dengan dibantu oleh aparat TNI dan Polisi dari Polsek Kabat untuk mengatur jalannya kendaraan, lalu lintas kembali teratur dan lancar aman terkendali.

Masing – masing tiap Desa ikut serta memeriahkan sekaligus untuk mengisi Hari Kemerdekaan Indonesia demi menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa serta jiwa Patriotisme juga Nasionalisme mewujudkan Indonesia Tetap Merdeka.

Kepala SDN 3 Dadapan Banyuwangi, Drs. Suwito, yang juga panitia penyelenggara mengatakan kepada megapos.co.id, pihaknya bekerja sama dengan Camat Kabat juga Desa – Desa yang lain, supaya kegiatan ini terlaksana untuk menyemarakan HUT RI ke 74. “Sebagai warga Negara Indonesia kita wajib ikut partisipasi dalam kegiatan tersebut,” tandas  Suwito.

Kali ini Karnaval di gelar dengan tema “Pawai Budaya dan Aktualisasi Seni Daerah” yang menceritakan tentang kerajaan kolosal zaman sejarah Nenek Moyang dahulu, hingga sampai sekarang masih kita peringati sebagai simbol KLASIK, ada yang memakai kostum bercorak adat, pakai kostum seni tari, BEC dan lain sebagainya.

Sementara itu, KODIM 0825 Suratman menghimbau, disini tugas TNI untuk mengamankan dalam situasi dan kondisi aman serta kondusif, agar dalam kegiatan kali ini tidak ada bermusuhan atau saling menyinggung sesama warga.

“Artinya kita selalu berharap yang terbaik untuk bisa menjaga dan saling menjaga ketentraman Lingkungan, utamanya di daerah – daerah yang gampang dipicu atau provokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab a,” tuturnya penuh dengan tegas.

“Dengan rasa bangga kami dari team Kesatuan TNI Angkatan Darat ikut peran serta memeriahkan HUT RI ke 74, ingin kegiatan tersebut diupayakan lebih di tingkatkan lagi, sehingga bisa di apresiasikan tiap tahunnya biar dilihat oleh ribuan penonton khususnya di Banyuwangi ini,” ungkapnya.

Reporter : Budiyono

Editor : M Hartono