DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Terapkan Pembelajaran Berbasis Digital, SMPN 1 Berbek Terus Berbenah

Nganjuk, megapos.co.id – Dalam rangka mengikuti dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, SMP Negeri 1 Berbek menerapkan pembelajaran berbasis digital. Karena itulah, sekolah yang berlokasi di Desa Ngrawan Kecamatan Berbek ini terus berbenah.

Kepala SMPN 1 Berbek, Sunarto MPd mengatakan, pihaknya menerapkan  pembelajaran berbasis digital, salah satunya melalui Quipper School. “Quipper School merupakan startup pendidikan yang menyediakan dua layanan utama pertama, Quipper School Learn sebuah portal khusus siswa dimana mereka bisa mengakses atau membaca materi pelajaran, menjawab soal, mengirimkan pesan ke guru, dan melihat performa belajar teman sekelasnya,” ungkap Sunarto, Selasa (10/9).

Pendidik SMPN 1 Berbek sudah mulai memanfaatkan aplikasi Rumah Belajar

Kedua, katanya, Quipper School Link sebuah portal khusus untuk guru dimana mereka dapat menyiapkan tugas, melihat perkembangan siswa, mengirim pesan ke siswa, mengelola kelas, dan membuat kelas online.

Ia menjabarkan, dengan sistem pembelajaran digital, siswa maupun guru tidak perlu repot-repot mencari materi pembelajaran, karena materi semua mata pelajaran (mapel) sesuai K13. “Jadi bisa langsung diakses siswa dan guru. Bahkan untuk ujian masing-masing mapel, guru bisa juga melaksanakan secara online seperti pelaksanaan UNBK,” paparnya.

Tampak siswa saat mengunjungi portal Perpustakaan Digital

Selain Quipper School, lanjut Sunarto, pihaknya juga menerapkan Perpustakaan Digital dan Rumah Belajar. “Tadi pagi, kita baru saja meluncurkan program Perpustakaan Digital dan Rumah Belajar untuk diterapkan di SMPN 1 Berbek,” tambahnya.

Menurut Sunarto, untuk Perpustakaan Digital, anak didiknya tidak perlu membaca buku tercetak, akan tetapi mereka bisa mengakses Perpustakaan Digital yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital.

“Sedangkan, untuk pembelajaran digital melalui aplikasi Rumah Belajar, sampai hari ini bapak ibu guru dan sebagian siswa sudah bergabung dengan aplikasi Rumah Belajar,” pungkasnya.

Editor : Jumiati