HSC 5 Tahun 2019, Cetak Kader Kesehatan

Nganjuk, megapos.co.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk kembali menggelar Health Scout Competition (HSC) 5 tahun 2019. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mencetak kader kesehatan pramuka tingkat penggalang. dan ajang promosi kesehatan untuk remaja. Selain itu, juga untuk mengasah kemampuan, wawasan dan keterampilan bidang kesehatan dan kepramukaan.

Kegiatan yang mengangkat tema “Generasi Milenia Kesehatan untuk Mewujudkan Indonesia Sehat” ini, dibuka langsung oleh pimpinan Saka Bakti Husada Kwartir Cabang Nganjuk, Yudi Suryanto, Minggu (3/11/2019) di halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk.

Peserta saat mengikuti upacara pembukaan HSC 5 Tahun 2019

“Kegiatan ini diikuti oleh anggota Pramuka tingkat penggalang dari SMP/ MTs dan sederajat yang setiap regunga terdiri dari 6 orang anggota putra atau putri. Pada HSC 5 tahun 2019 ini, jumlah regu putra 15 regu dan regu putri 16 regu,” ungkap Pimpinan Saka Bakti Husada Pramuka Kwartir Cabang Nganjuk, Yudi Suryanto usai membuka upacara pembukaan HSC 5 tahun 2019.

Dalam HCS 5 tahun 2019 ini, kata Yudi, terdapat beberapa jenis perlombaan, yaitu lomba PPGD, Pionering, Teknik Kepramukaan, Poster Kesehatan dan Lomba Yel. “Sedangkan untuk tim juri kegiatan terdiri dari staf Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, pengurus Kwartir Cabang Nganjuk, Pamong Saka dan pihak-pihak yang berkompeten serta ahli dalam bidangnya,” tandasnya.

Selain untuk mencetak kader kesehatan, kata Yudi, HSC 5 Tahun 2019 ini, juga dalam rangka untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 tahun 2019. “Alhamdulilah,  kegiatan yang dipelopori oleh Saka Bakti Husada Pramuka Kwartir Cabang Nganjuk ini sudah kita laksanakan kelima kalinya,” imbuhnya.

Diakui Yudi, selama pelaksanaan HSC selalu diberikan kelancaran, bahkan setiap tahun ada hal-hal yang baru baik dari peserta maupun kakak-kakak pembina. “Saya sangat bangga kepada para peserta yang telah menunjukkan dirinya sebagai generasi bangsa yang memiliki kepribadian dan semangat untuk maju,” tambahnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini mampu memunculkan kader-kader kesehatan yang handal dan berkualitas. “Saya juga berpesan kepada peserta lomba untuk menjunjung semangat sportivitas. Menang dan kalah adalah hal yang biasa, yang paling penting yaitu dapat mengambil hal-hal positif dari rangkaian kegiatan ini,” pungkas Yudi.

Untuk diketahui, selain HSC 5 Tahun 2019, terdapat beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka memperingati HKN ke 55 tahun 2019, diantaranya lomba Kader Tiwisada, Duta Kesehatan Remaja, Kader Kesehatan Remaja dan sebagainya.

Editor : Jumiati