Mindo Sianipar : Potensi Pertanian di Nganjuk Harus Dikelola Maksimal

Nganjuk, megapos.co.id – Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu daerah pertanian yang memiliki banyak potensi, akan tetapi tingkat perekonomian masyarakat petani masih rendah. Untuk itu, dibutuhkan upaya untuk meningkatkan pemanfaatan potensi pertanian yang melibatkan tidak hanya petani, akan tetapi juga kepala desa, kepala daerah maupun wakil rakyat yang ada di daerah maupun di pusat dengan harapan bisa meningkatkan perekonomian atau kesejahteraan petani.

Hal ini seperti disampaikan Ir Mindo Sianipar Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan saat membuka acara Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara di Desa Gejagan Kecamatan Loceret, (28/11/2019). “Potensi pertanian di Kabupaten Nganjuk sangat besar, untuk itu harus kita kelola maksimal demi kesejahteraan masyarakat Nganjuk,” ungkap Mindo.

Menurutnya, sebagai wakil rakyat khususnya di daerah pemilihan VIII yang meliputi Kabupaten/ Kota Madiun, Nganjuk, Jombang dan Kabupaten/Kota Mojokerto, ia berkewajiban untuk mendukung dan mensupport peningkatan pertanian khususnya di Kabupaten Nganjuk.

“Aspirasi masyarakat Nganjuk yang disampaikan hari ini semua akan kita tampung, mulai dari desa wisata di Desa Sidomoroharjo Kecamatan Wilangan, pembangunan waduk, pengadaan alsintan hingga nasib THL akan kita perjuangkan sehingga apa yang menjadi keinginan masyarakat bisa tercapai,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengingatkan bahwa menjaga lingkungan adalah menjadi tanggung jawab bersama. “Bagaimana cara menanam pohon untuk melestarikan alam dengan melibatkan masyarakat, tentunya hal ini dibutuhkan kesadaran dan keikhlasan masyarakat untuk terus menjaga lingkungan,” imbuhnya.

Terkait swasembada pangan, lanjut Mindo, Kabupaten Nganjuk sudah cukup memenuhi kebutuhan pangan dalam daerah. “Untuk Kabupaten Nganjuk,  swasembada pangan sudah lewat, akan tetapi, saat ini bagaimana Kabupaten Nganjuk bisa memberikan kontribusi ke daerah lain untuk pemenuhan kebutuhan pangan seperti padi, kedelai, jagung dan bawang merah,” tambahnya.

Ia juga menegaskan bahwa sebagai wakil rakyat, ia berkomitmen untuk terus mengawal program pemerintah yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Untuk diketahui, acara sosialisasi empat pilar ini dihadiri Bupati Nganjuk H Novi Rahman Hidayat, Plt Bupati Mojokerto Pungkasiadi, Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Nganjuk.

Acara sosialisasi ini juga diikuti lebih dari 200 peserta yang terdiri dari kelompok tani, petugas THL, petugas PKH dan sejumlah kepala desa.

Selain sosialisasi, momentum tersebut juga dimanfaatkan untuk rapat dengar pendapat antara peserta sosialisasi dengan Mindo Sianipar, Bupati Nganjuk dan Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk.

Reporter : Jumiati