Bupati Sosialisasikan Kartu Nganjuk Mandiri

Nganjuk, Mega Pos – Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat mensosialisasikan Kartu Nganjuk Mandiri (KNM) kepada seluruh masyarakat Nganjuk di Alun-alun Nganjuk, Rabu (27/11/2019). KNM ini merupakan bentuk motivasi dalam menciptakan generasi muda yang cerdas, mandiri dan berprestasi.

Bupati Novi dalam sambutannya mengatakan bahwa KNM ini merupakan salah satu wujud implementasi pembangunan Tri Cipta Bakti pemerintahan Novi Marhaen yang meliputi pembangunan infrastruktur, peningkatan SDM dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Salah satu pembangunan Tri Cipta Bakti ini sejalan dengan Nawa Cipta Pemerintahan Presiden Joko Widodo yaitu peningkatan SDM, salah satunya dengan program Kartu Nganjuk Mandiri,” ungkap Mas Novi sapaan Bupati Novi.

Menurut Mas Novi, KNM ini terdiri dari dua jenis kartu yaitu KNM Cerdas diperuntukkan bagi siswa siswi mulai tingkat SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi yang berprestasi dan KNM Sosial diperuntukkan bagi siswa siswi yang kurang mampu. “Dengan KNM Cerdas ini kita mendorong generasi muda untuk terus berprestasi,” imbuhnya.

Selain itu, kata Mas Novi, Pemerintah Kabupaten Nganjuk juga akan memberikan beasiswa kepada hafidz muda atau penghafal Al Quran. “Saat ini, Pemkab Nganjuk sedang mempersiapkan kerangka hukum untuk mengatur mekanisme pemberian beasiswa tersebut,” tegasnya.

Mas Novi menambahkan, pemberian beasiswa ini penting dilakukan untuk mendorong agar anak muslim dan muslimah yang ada di Kabupaten Nganjuk semakin mencintai dan hobi terhadap baca tulis Al Quran. “Ke depan, target kita akan mempersiapkan 500 hafidz setiap tahunnya,” pungkas Mas Novi.

Reporter : Jumiati