Empat Warga Nganjuk Positif Covid – 19

Nganjuk, megapos.co.id – Empat warga Nganjuk dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19. Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat saat konferensi pers di Peringgitan Pendopo Kabupaten Nganjuk, Rabu (1/4/2020) malam.

“Pada hari ini kami menyampaikan informasi terkait perkembangan covid-19 di Kabupaten Nganjuk. Perlu kami sampaikan bahwa ada trend peningkatan kasus baik jumlah ODR, ODP maupun PDP. Dan pada hari ini dari hasil pemeriksaan swab yang kami terima terhadap 4 orang yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dimana 2 orang adalah panitia penyelenggara haji indonesia (PPHI) dan 2) orang adalah tenaga kesehatan haji indonesia (TKHI) didapatkan hasil bahwa 4 orang ini dinyatakan positif covid-19,” ungkap Mas Novi sapaan akrab Bupati Novi.

Mas Novi menegaskan empat orang tersebut adalah warga Kecamatan Patianrowo, Kecamatan Baron, Kecamatan Gondang dan Kecamatan Prambon.

“Mereka diduga terpapar ketika mengikuti pelatihan pembekalan haji pada tanggal 13 – 18 Maret 2020 di Surabaya, dimana dalam pelatihan tersebut salah satu narasumbernya dinyatakan positif covid-19. Jadi mereka diduga terpapar ketika pelatihan pembekalan haji di Surabaya,” tandasnya.

Langkah yang diambil ketika mengetahui mereka terpapar, kata Mas Novi, yaitu melakukan isolasi mandiri di rumah, pemeriksaan dengan rapid test dan dilanjutkan pemeriksaan swab yang hasilnya positif.

“Setelah mengetahui hasil positif dari keempat warga tersebut maka pemerintah daerah mengambil langkah yaitu empat orang tersebut diisolasi di rumah sakit. Sedangkan untuk keluarga yang kontak dilakukan screening ulang, pemeriksaan rapit test dan melakukan isolasi mandiri di rumah,” tegasnya.

Mas Novi menghimbau kepada seluruh warga Nganjuk agar tidak panik, tetap tenang dan selalu waspada.

Reporter : Jumiati