ABPEDNAS DPC Kabupaten Nganjuk Gelar Audiensi dengan Kepala Kantor Kesbangpol, Tingkatkan Kapasitas dan Kinerja BPD

Nganjuk, megapos.co.id – Pengurus ABPEDNAS (Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional) DPC Kabupaten Nganjuk mengadakan audiensi dengan Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Nganjuk terkait dukungan dan motivasi pelaksanaan pengukuhan dan pelantikan kepengurusan ABPEDNAS DPC Kabupaten Nganjuk, Rabu (8/7/2020) di Kantor Kesbangpol Kabupaten Nganjuk.

Pertemuan yang dihadiri sejumlah pengurus dan anggota ABPEDNAS DPC Kabupaten Nganjuk serta Kepala Kesbangpol Kabupaten Nganjuk Drs Gatut Sugiarto MSi ini, membahas beberapa persyaratan legalitas organisasi dan mekanisme pengukuhan ABPEDNAS DPC Kabupaten Nganjuk.

Ketua ABPEDNAS DPC Kabupaten Nganjuk, Jarot Cahyadi SH saat menyerahkan draf profil, visi dan misi ABPEDNAS DPC Kabupaten Nganjuk kepada Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Nganjuk, Drs Gatut Sugiarto MSi

Ketua ABPEDNAS DPC Kabupaten Nganjuk, Jarot Cahyadi SH mengatakan pembentukan asosiasi ini bertujuan  untuk meningkatkan kapasitas dan kinerja BPD yang ada di Kabupaten Nganjuk.

“Kita sudah melakukan beberapa musyawarah dan hasilnya telah terbentuk kepengurusan ABPEDNAS DPC Kabupaten Nganjuk saat ini. Dengan kepengurusan tersebut, kita akan melakukan beberapa audiensi yaitu dengan Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk, DPRD Kabupaten Nganjuk dan Bupati Nganjuk,” terangnya.

Setelah nantinya kepengurusan ABPEDNAS DPC Kabupaten Nganjuk dikukuhkan, katanya, ABPEDNAS DPC Kabupaten Nganjuk akan segera membentuk kepengurusan ABPEDNAS di tingkat kecamatan.

Jarot menegaskan, kualitas BPD yang ada di kabupaten harus jauh lebih meningkat, kuat dan bermartabat. “Karena tujuan kita adalah meningkatkan kapasitas BPD sesuai tugas dan fungsinya  secara bersama sama,” terangnya.

Ia berharap, dengan keberadaan BPD yang merupakan salah satu unsur pemerintahan desa, BPD harus mampu memposisikan diri sebagai penyeimbang pemerintah desa itu sendiri. “Jadi jika melakukan kegiatan apapun harus sesuai peraturan yang berlaku dan mematuhi regulasi peraturan yang ada,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Jarot, ABPEDNAS DPC Kabupaten Nganjuk juga akan memperjuangkan anggota untuk meningkatkan kesejahteraan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Nganjuk, Drs Gatut Sugiarto MSi mengatakan bahwa keberadaan ABPEDNAS DPC Kabupaten Nganjuk ini nantinya, merupakan mitra kerjanya kepala desa, dalam membangun desa dan memajukan desa, demi kesejahteraan masyarakatnya.

Namun untuk itu, diharapkan bagi ABPEDNAS DPC Kabupaten Nganjuk yang didalamnya merupakan para BPD se Kabupaten Nganjuk harus mengetahui tugas dan fungsi BPD di desa masing -masing.

“BPD harus dapat menggali dan menampung aspirasi dari masyarakat, serta menyalurkannya kepada kepala desa. Dan yang nantinya untuk bersama – sama membahasnya, beserta bersama perangkat desa, dengan tujuan membangun desa dan mensejahterakan masyarakatnya di desa,” pungkas Gatut.

Reporter : Jumiati