DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

SMKN 1 Tanjunganom Selenggarakan KBM Terbatas, Terapkan Protokol Kesehatan

Nganjuk, megapos.co.id – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tanjunganom menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terbatas atau tatap muka sejak Selasa (18/8/2020) setelah ditunjuk Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Wilayah Kabupaten Nganjuk untuk uji coba pembelajaran terbatas di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Kepala SMKN 1 Tanjunganom, R.A Iwan Tresnawa, S.Pd, M.Si mengatakan, dalam pelaksanaan KBM terbatas ini, para siswa harus mengenakan masker, cuci tangan, memeriksa suhu tubuh memakai thermogun dan menerapkan physical distancing.

Pelaksanaan KBM terbatas di SMKN 1 Tanjunganom dengan menerapkan phisical distancing

“Jadi, tatap muka di kelas dalam 1 hari terdapat 8 kelas dan diatur setiap hari per kelas dengan satu ruangan ditempati maksimal 15 – 18 siswa dengan memperhatikan protokol kesehatan. Jam belajar dibagi menjadi dua shift yaitu shit pertama dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB, sedangkan shift kedua dari pukul 11.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB,” jelas Iwan kepada www.megapos.co.id, Rabu (19/8/2020).

Ia mengaku, proses KBM memakai sistem online tetap berjalan bagi siswa saat tidak ada tatap muka di kelas. Ia berharap semua siswa dan orangtua terus bersama-sama sekolah mendukung pemerintah dalam rangka pencegahan wabah corona.

Humas SMKN 1 Tanjunganom, A Nur Kholis menambahkan, pelaksanaan KBM terbatas di SMKN 1 Tanjunganom sesuai juknis dan juga tetap mengikuti protokoler kesehatan. “Yang paling penting juga dukungan orang tua, hasil evaluasi yang kita lakukan, banyak orang tua siswa yang menginginkan putra putrinya untuk kembali belajar di sekolah karena belajar online dirasa belum efektif,” ungkap Nur.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus berupaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh warga sekolah, baik tenaga pendidik dan kependidikan maupun juga seluruh siswa dan siswi. Menurutnya, selama ini pihak sekolah bersungguh-sungguh mempersiapkan diri untuk melaksanakan KBM terbatas.

Sementara itu, Ketua Komisi Nasional Pendidikan (Komnasdik) Kabupaten Nganjuk, Sujito saat meninjau pelaksanaan KBM terbatas di SMKN 1 Tanjunganom mengatakan, untuk pelaksanaanya sudah memenuhi aturan atau regulasi yang telah ditentukan dan menerapkan protokol kesehatan.

“Saat anak masuk sekolah, mereka sudah menggunakan masker kemudian juga diperiksa suhu tubuh memakai thermogun, mencuci tangan dan juga menerapkan physical distancing saat duduk di kelas,” terang Sujito.

Ia menegaskan, Komnasdik Kabupaten Nganjuk memiliki tugas untuk mengingatkan jangan sampai dengan dibukanya KBM terbatas ini ada klaster baru di wilayah Kabupaten Nganjuk agar SMKN 1 Tanjunganom yang  menjadi percontohan KBM terbatas di daerah timur ini bisa berjalan sukses dan lancar sesuai arahan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

“Kalau semua arahan untuk menerapkan protokol kesehatan betul-betul dilaksanakan, saya optimis uji coba KBM terbatas ini bisa berhasil dengan baik,” pungkasnya.

Reporter : Jumiati