HUT ke-75 TNI, Kodim 0801 Pacitan Beri Bantuan Jamban kepada Warga Kurang Mampu

Pacitan, megapos.co.id –  Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi hari ini, Selasa (29/9/2020) melakukan peletakan batu pertama  program jambanisasi dalam rangkaian karya bakti peringatan HUT ke-75 TNI. Peletakan batu pertama ini dilakukan di rumah Sumaryono, warga RT 01/RW 02 Dusun/Desa/Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan.

Hadir dalam kegiatan ini, seluruh jajaran Kodim 0801/Pacitan, dan juga seluruh komandan koramil  dari wilayah Pacitan, serta dari seluruh kesatuan AD, AL, AU, dan institusi kepolisian. Meski hujan deras, namun tak mengurangi antusiasme dan semangat para prajurit dalam rangka membaktikan diri kepada rakyat.

Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi, Selasa (29/9/2020) saat melakukan peletakan batu pertama program jambanisasi

“Kami menyadari TNI terlahir dari rakyat.  Untuk itu sudah semestinya kami kembali ke rakyat dengan segala keterbatasan kami. Program jambanisasi ni adalah bentuk empati kami kepada saudara kita yang kurang mampu, dalam rangka HUT ke-75 TNI,” ujar Komandan Kodim 0801/Pacitan, dalam  sambutannya.

Dandim 0801/Pacitan mengatakan, jambanisasi ini merupakan salah satu kegiatan yang nanti akan dirangkaikan dengan kegiatan donor darah, senam massal, dan kegiatan lainnya. Yang terpenting dalam hal ini adalah sinergisitas antar kesatuan, baik laut, darat, dan udara untuk mendarma baktikan diri  kepada nusa dan bangsa.

“Apalah artinya keberadaan kami tanpa rakyat. Sekali lagi saya sampaikan TNI terlahir dari rakyat. Semoga bantuan yang kami berikan bisa bermanfaat bagi penerima manfaat, dan kami minta doa dan dukungan agar untuk masa-masa mendatang kami masih bisa melakukan kegiatan semacam ini lagi,” ungkap Letkol Inf Nuri Wahyudi.

Sementara itu, Sumaryono penerima manfaat program jambanisasi kepada megapos.co.id mengaku sangat bahagia mendapatkan bantuan jamban. Pasalnya, selama ini keluarganya tidak memiliki jamban. “Terima kasih Pak Dandim atas bantuannya, semoga bantuan ini menjadi ladang amal bagi Pak dandim khususnya, dan TNI pada umumnya,” ucapya.

Pantauan megapos.co.id. kegiatan Karya Bakti HUT ke-75 TNI ini mendapat sambutan meriah dari masyarakat. Meski suasana hujan, masyarakat berbondong-bondong ikut menyaksikan kegiatan ini, tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan. (adv)

Reporter : Addy MG

Editor      : M. Hartono