Istri Bupati Nganjuk Edukasi Pentingnya Pakai Masker

Nganjuk, megapos.co.id – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk, Yuni Sophia memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memakai masker di tengah merebaknya pandemi Covid – 19. Kegiatan tersebut dikemas dalam Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker) yang digelar di Desa Paron Kecamatan Bagor, Selasa (20/10/2020).

Istri Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat ini, mengatakan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya memakai masker untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid – 19.

“Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi ibu-ibu anggota PKK di desa maupun kecamatan agar ikut mendukung program pemerintah dalam mengkampanyekan pentingnya menggunakan masker,” kata Yuni.

Menurutnya, Gebrak Masker yang disambut antusias oleh masyarakat Desa Paron ini merupakan bagian dari Gerakan 2 Juta Masker dalam rangka bersama-sama melawan dan memutus mata rantai penyebaran Covid – 19..

“Semua kita gerakkan dari desa sampai kecamatan, tidak hanya memberikan masker namun juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker, selain itu juga sosialisasi tentang penertiban masker, penerapan sanksi bagi yang melanggar protokol kesehatan,” tandas Yuni Shopia

“Pelanggar protokol kesehatan akan dikenakan sanksi berupa sanksi sosial, denda mulai Rp 50 – Rp 250 ribu, hingga pencabutan KTP. Sedangkan untuk badan usaha, sanksi denda mulai Rp 500 ribu hingga pencabutan izin usaha,” katanya.

Selain mengedukasi pentingnya memakai masker, Yuni Sophia juga mengingatkan semuanya untuk tetap menjaga jarak.

“Masker tanpa jaga jarak, bisa tertular masih besar, namun dengan menggunakan masker dan jaga jarak, penularannya menjadi lebih kecil,” terangnya.

Dalam acara tersebut, Yuni melakukan penyerahan masker secara simbolis kepada Ketua Tim Penggerak PKK Desa Paron

Acara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Dengan tetap mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.

Reporter : Jumiati