DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Bupati Jombang Lantik 9 Kepala Desa

Jombang, megapos.co.id – Bertempat di Gedung Bung Tomo Pemkab Jombang, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab melantik 9 Kepala Desa terpilih diantaranya, Syamsudin Arief Kades Banjardowo, Suwito Hadi Kades Madiopuro, Sudarwati Kades Marmoyo, Imam Baihaki Kades Mojoduwur, Samsul Hadi Kades Ngrimbi, Eko Ariyanto Kades Pulogedang, Aries Firmansyah Kades Seketi, Isnadi Kades Sukoiber, dan Sugiyono Kades Wangkalkepuh, Kamis (7/1/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Jombang menghimbau, agar setiap Kepala Desa yang diberi amanah tidak terjerat hukum terkait penggunaan anggaran desa. Menurutnya, Kepala Desa merupakan ujung tombak dalam pembangunan negara, karena yang berhubungan dengan masyarakat langsung.
“Harapan kami, semua kepala desa bisa bersinergi serta bisa menjadi kepanjang tangan Pemkab dalam pembagunan daerah,” ujar Mundjidah.

Namun, katanya, menjadi kepala desa merupakan suatu hal yang tidak mudah, perlu mental yang kuat agar tidak tergoda dengan godaan. Salah satunya, anggaran yang sangat besar yang diterima desa.

“Kami harap, semua kepala desa bisa mengemban amanah tersebut, bisa memaksimalkan anggaran desa yang begitu besar untuk kepentingan masyarakat bersama bukan malah terjerumus di dalamnya yang mengakibatkan Kades dijerat hukum karena menyalahgunakannya,” jelasnya.

Bupati menegaskan, sinergi antara Kepala Desa dengan Pemkab Jombang agar terus terjaga dan saling berkolaborasi agar terwujudnya visi misi dari Pemkab yaitu terwujudnya Jombang yang berkarakter dan berdaya saing.

“Untuk itu, Kades harus turut serta mendukung program dari Pemkab Jombang dalam hal pembangunan dan sebagainya, untuk terus bersinergi,” bebernya.

Salah satunya, lanjut Bupati, dalam masa pandemi, Kepala Desa harus selalu memberikan arahan kepada masyarakat agar terus melawan Covid-19 dengan sama-sama dengan cara disiplin protokol kesehatan. “Covid-19 belum berakhir, peran Kades yang sentral untuk menegakan disiplin prokes kepada masyarakat,” pungkas Bupati Jombang.

Reporter : Wisnu
Editor : M Hartono