HPN 2021, PWI Nganjuk Gandeng Kotasejuk dan Perhutani Sedekah Oksigen di Hutan Tritik

Nganjuk, megapos.co.id – Sejumlah rangkaian kegiatan digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Nganjuk untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021.

Kali ini, PWI Nganjuk menggandeng Komunitas Pecinta Sejarah Nganjuk (Kotasejuk) dan Perum Perhutani KPH Nganjuk melakukan penanaman 1.000 pohon yang dikemas dalam kegiatan ‘Sedekah Oksigen’ di kawasan hutan Desa Tritik, Kecamatan Rejoso, Sabtu (13/2/2021).

Relawan gabungan secara bersama-sama menanam pohon trembesi, jambu, dan beragam jenis tanaman bermanfaat lainnya.

Ketua PWI Nganjuk Andik Sukaca mengatakan, aksi penanaman 1.000 batang pohon ini merupakan wujud ‘sedekah oksigen’ di Kota Angin, aksi ini dinilainya juga sebagai salah satu upaya antisipatif terhadap bencana banjir dan tanah longsor.

“Kita ketahui, awal tahun ini Kabupaten Nganjuk beberapa kali dilanda musibah banjir bandang. Adanya penanaman ini bisa menjadi solusi untuk menjaga bumi dan lingkungan dari dampak bencana,” kata Andik.

Andik juga menyampaikan terima kasih kepada para relawan Kotasejuk dan Perum Perhutani KPH Nganjuk, yang telah bersedia bekerjama membantu suksesnya acara.

Iapun juga berharap, bahwa kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat umum, maupun komunitas serupa di kota lain.

“Ini sekaligus ajakan agar masyarakat membudayakan kembali penanaman pohon, sebagai wujud mencintai alam dan mencegah bencana,” imbuhnya.

Pantauan media ini, sepanjang acara berjalan, seluruh peserta tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19, antara lain dengan mengenakan masker, menghindari kerumunan dan mencuci tangan menggunakan sabun.

Di tempat yang sama, Pembina Kotasejuk Firmansyah Subhan menyampaikan apresiasi kepada PWI Nganjuk, yang telah ikut memberikan sebuah solusi agar alam Nganjuk menjadi lebih hijau dan asri.

“Momen Hari Pers Nasional tahun ini menjadi jauh lebih bermakna dan bermanfaat, karena kita langsung melakukan aksi nyata, untuk menjaga kelestarian lingkungan dan alam,” ujar Firman, yang juga menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk tersebut.

Ia bercerita, keterlibatannya sebagai Pembina Kotasejuk dilandasari oleh keyakinan bahwa sebagai Kajari Nganjuk, ia juga termasuk bagian dari masyarakat Kabupaten Nganjuk.

“Sebagai masyarakat Nganjuk, kita sama-sama memiliki tanggungjawab untuk menjaga alam dan lingkungan Nganjuk,” pungkas Firman.

Untuk diketahui, sebelumnya, PWI Nganjuk juga menggelar Khataman Alquran pada Rabu 9 Februari 2021 lalu yang menandai dimulainya peringatan HPN 2021. Selain itu, minggu keempat bulan Februari nanti, PWI Nganjuk juga akan mengadakan bakti sosial.

Reporter : Jumiati