DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Fraksi-fraksi Soroti Penurunan Hasil Kinerja Pemkab Nganjuk

Nganjuk, megapos.co.id – Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Nganjuk soroti terjadinya sejumlah penurunan hasil kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk.

Hal itu disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Nganjuk agenda penyampaian Pandangan Umum Fraksi atas pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun 2020, Rabu (23/6/2021).

Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono mengatakan, Pandangan Umum (PU) fraksi-fraksi DPRD tersebut diberikan setelah dilakukan evaluasi laporan pelaksanaan APBD tahun 2020 dari Pemkab Nganjuk.

Namun PU tersebut bukan sebagai PU DPRD Kabupaten Nganjuk yang nantinya akan disampaikan menjelang pengesahan laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun 2020.

“Memang pandangan umum yang disampaikan setiap fraksi DPRD berbeda-beda sesuai penilaiannya masing-masing,” kata Tatit Heru Tjahjono, Rabu (23/6/2021).

Pada umumnya, dikatakan Tatit Heru Tjahjono, PU fraksi tersebut melihat hal-hal yang dinilai kurang sesuai sehingga diberikan masukan-masukan yang diminta untuk ditindaklanjuti Pemkab Nganjuk. Dan PU semacam itu sudah layak sesuai dengan tata tertib dan aturan yang ada.

“Jadi PU yang disampaikan masing-masing fraksi merupakan kewajaran untuk dilakukan perbaikan kedepannya,” tandas Tatit Heru Tjahjono.

Sementara Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan, Pemkab setelah menerima PU Fraksi akan secepatnya membuat laporan jawaban atas hal-hal yang dipertanyakan.

Termasuk langkah-langkah perbaikan kinerja di Pemkab Nganjuk yang disorot Fraksi-fraksi di DPRD Nganjuk.

“Kami harapkan jawaban dari setiap OPD terkait yang mendapat pertanyaan dan sorotan Fraksi DPRD selesai dalam sepekan kedepan ini,” kata Marhaen Djumadi.

Namun yang pasti, menurut Marhaen Djumadi, masukan dan pertanyaan terkait PAD dari OPD penghasil yang menurun dan retribusi pajak daerah, seperti retribusi parkir daerah yang turun dari sebelumnya mencapai Rp 180 miliar menjadi Rp 80 miliar dipastikan akan dijawab dengan tepat sesuai kondisi yang terjadi di lapangan.

“Yang jelas, apa yang disampaikan dalam PU Fraksi DPRD sudah langsung kami distribusikan ke masing-masing OPD untuk secepatnya dijawab untuk disampaikan dalam paripurna DPRD berikutnya,” tutur Marhaen Djumadi. 

Reporter : Jumiati