UPT BLK Disnakertrans Tulungagung Adakan Pelatihan Keterampilan

Tulungagung, megapos.co.id – Untuk meningkatkan potensi dan kualitas serta kesiapan peserta pelatihan untuk mencari pekerjaan, UPT BLK Disnakertrans Tulungagung adakan pelatihan Kejuruan Processing Program Pelatihan Servis Sepeda Motor serta Menjahit, Senin (1/11/2021).

Acara ini diselenggarakan di UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Kabupaten Tulungagung.

Dalam acara pelatihan ini, diikuti oleh 16 orang peserta di setiap kelas yang mana peserta meliputi para pencari kerja berdasarkan klaster kompetisi yang sudah diseleksi oleh tim dari Disnakertrans Tulungagung.

Pada acara tersebut, instruktur pembimbing ada perwakilan dari tim BLK maupun instruktur pembimbing dari lembaga swasta.

Peserta yang mengikuti pelatihan diberikan materi tentang tehnik perbengkelan khususnya sepeda motor dan tehnik pola menjahit.

Kepala Disnakertrans Tulungagung, Agus Santoso melalui KUPT BLK Final Abidin saat di wawancara mengatakan bahwa para peserta diberikan materi tentang servis pada kendaraan ringan sepeda motor dan pola tehnik menjahit supaya lebih optimal nanti ketika mencari pekerjaan

“Pelatihan ini diperuntukan bagi peserta untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan untuk bekerja maupun menjelang kerja. Kami juga memberikan peserta materi tentang bagaimana memaksimalkan pekerjaan yang di lakukan,” paparnya.

Ia menambahkan ada beberapa kegiatan yang berlangsung hari ini, di antaranya adalah bidang otomotif dan garment/menjahit.

“Pelatihan ini bukan satu-satunya program dari Disnakertrans Tulungagung yang sedang berjalan. Ada total enam kategori pelatihan yang akan di lakukan selama 30 hari atau bisa lebih. Program ini meliputi pelatihan Otomotif, administrasi perkantoran, praktikel office, garment, Tataboga dan design grafis,” pungkasnya.

Perlu di ketahui, program pelatihan yang diadakan Disnakertrans Tulungagung ini adalah untuk penguasaan materi dan mematangkan keterampilan para peserta pelatihan untuk mendapatkan pekerjaan.

Kedepan, bagi peserta yang telah mengikuti pelatihan kerja akan di beri informasi tentang adanya jobfair yang sesuai dengan keterampilan masing-masing peserta.

Di harapkan dengan diadakannya kegiatan ini seluruh peserta bisa belajar dengan sungguh- sungguh sesuai arahan dari tim pemberi materi sehingga dapat mengambil ilmu yang nantinya kelak bisa di manfaatkan oleh seluruh peserta sesuai dengan kompetensinya masing- masing. (Adv)

Reporter : Sudarwanto
Editor : M Hartono