SMKN 1 Gondang Gelar Wisuda dan Pelepasan, Diikuti 453 Siswa Kelas XII

Nganjuk, megapos.co.id – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Gondang, Kabupaten Nganjuk menggelar Wisuda dan Pelepasan Peserta Didik Kelas XII SMKN 1 Gondang Tahun Pelajaran 2021/ 2022, Kamis (12/5/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Pengawas SMK Slamet Hariono SPd MT, Kepala SMKN 1 Gondang Drs Hariyanto MPd, Ketua Komite, guru dan karyawan, orang tua siswa kelas XII dan siswa kelas XII serta undangan.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMKN 1 Gondang Drs Hariyanto MPd mengatakan, wisuda dan pelepasan hari ini diikuti 453 peserta didik kelas XII.

Suasana Wisudan dan Pelepasan peserta didik kelas XII SMKN 1 Gondang

“Dari 453 peserta didik, masing-masing untuk Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) terdapat 70 siswa, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 61 siswa, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) 35 siswa, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) 97 siswa, Agribisnis Ternak Unggas (ATU) 95 siswa, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) 68 siswa dan Alat Mesin Pertanian (AMP) 27 siswa,” urainya.

Hariyanto menegaskan, bahwa peserta didik yang dinyatakan lulus, telah dibekali skill, ilmu pengetahuan dan akhlaq yang baik.

“Pelepasan hari ini bukan berarti anak-anak selesai untuk mengeyam pendidikan di sekolah, akan tetapi awal untuk mengejar cita-cita dan mengukir prestasi dengan harapan dapat menjadi suatu kebanggaan untuk diri sendiri, orang tua dan almamater sekolah,” tuturnya.

Hariyanto berharap, kepada seluruh peserta didiknya agar pantang menyerah untuk meraih cita-citanya. “Setelah lulus nanti, anak-anak bisa melakukan 3 hal, yaitu bekerja, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan berwirausaha,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan terimakasih kepada wali murid siswa yang telah memberikan kepercayaan dan menitipkan putra putrinya untuk menimba ilmu di SMKN 1 Gondang.

“Kami mewakili bapak ibu guru juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam memberikan pelayanan dalam pendidikan selama ini masih ada kekurangan,” imbuhnya.

Sementara itu, Waka Kurikulum SMKN 1 Gondang, Dedy Supiyono SKom menambahkan, kelulusan siswa kelas XII sesuai dengam domnis pelaksanaan ujian satuan pendidikan (USP).

“Alhamdulilah, tahun pelajaran 2021/2022 ini, ada 6 anak SMKN 1 Gondang yang diterima di SNMPTN,” terang Dedy.

Keenam anak tersebut, diantaranya Sugeng Prasetyo diterima Sosiologi Universitas Maritim, Sulva Meynera di Teknik Pakan Ternak Politeknik Negeri Jember dan 4 siswa diterima di Manajemen Bisnis Unggas Politeknik Negeri Jember, yaitu Raja Ali Haji, Devi Riski Nanda, Rumawati, Wasis Sugiantoro dan Agustin Putri Salsabila.

Masih menurut Dedy, pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2022/2023, SMKN 1 Gondang akan membuka 6 paket keahlian dengan 7 konsentrasi keahlian antara lain menerapkan kurikulum merdeka (mandiri berubah).

“Pagu dari PPDB SMKN 1 Gondang adalah 14 kelas atau 504 siswa, terbagi Otomotif 4 kelas (2 TKR dan 2 TSM), TKJ 1 kelas, ATPH 3 kelas, ARU 3 kelas, MP 1 kelas dan APHP 2 kelas,” imbuhnya.

Reporter : Jumiati