Kenalkan Magetan Melalui Ikan Gupi

Magetan, megapos.co.id – Ikan Gupi (Poecilia reticulata) adalah salah satu spesies ikan hias air tawar yang populer di dunia.

Karena, mudahnya menyesuaikan diri dan beranak-pinak, di banyak tempat di Indonesia ikan ini telah menjadi ikan liar yang memenuhi parit-parit dan selokan.

Di tangan breeder gupi, ikan air tawar ini mampu digerakkan menjadi komoditas hobi bernilai tinggi sebagai ikan hias dikalangan komunitas penghobi gupi sendiri.

Komunitas penghobi gupi ini sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, terkhusus di Magetan sendiri ada Magetan Guppy Mania (MGM) yang mana pada hari ini, Minggu (11/9/2022) telah berusia 9 tahun.

Tepat di-ulangtahunnya kali ini, MGM menggelar ‘National Guppy Contest’ pada 10-11 September 2022 di Randugede Hidden Paradise.

Kontes gupi berskala nasional ini, merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Magetan dan diikuti beberapa peserta dari berbagai wilayah dari Jateng maupun Jatim.

Ketua Panita acara dalam sambutannya mengungkapkan jika MGM merupakan salah satu komunitas terlama di Indonesia.

“Kita sudah 9 (sembilan) tahun eksis di Magetan,” ungkapnya.

Bupati Magetan, Suprawoto yang turut hadir dalam acara kali ini mengapresiasi pihak-pihak yang telah mendukung terselenggaranya kontes gupi nasional ini.

“Ini merupakan langkah bagus mengenalkan Magetan melalui kontes gupi,” terangnya

Bupati juga menambahkan, jika gupi ini memiliki prospek kedepan yang bagus.

“(Ikan gupi) yang menurut hemat saya merupakan komoditas (hobi) yang prospektif,” tambah Bupati Suprawoto.

Hadir dalam gelaran kontes gupi kali iniĀ  Bupati Magetan didampingi Kadisnakan serta Camat Plaosan, peserta kontes dan para pelaku UMKM yang menjajakan produknya di lokasi giat.
(Adv/Supari)