Plt Kepala Dinas PUPR Nganjuk Buka Pembekalan dan Sertifikasi Manager Lapangan Pelaksana Pekerjaan Gedung

Nganjuk, megapos.co.id – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk, Drs Gunawan Widagdo MSi membuka kegiatan Pembekalan dan Sertifikasi Manager Lapangan Pelaksana Pekerjaan Gedung, Rabu (21/9/2022) di Aula Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk.

Dalam kesempatan itu, Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk, Drs Gunawan Widagdo MSi mengatakan, di tahun 2022 ini, kegiatan pembekalan ini sudah dilaksanakan keempat kalinya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada jajaran Bidang Jasa Konstruksi Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk, yang mana pada tahun 2022 ini, telah melakukan kegiatan-kegiatan pemberdayaan tidak hanya pemberdayaan ASN di lingkup Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk saja, akan tetapi juga melakukan pemberdayaan kepada para pelaku jasa konstruksi di Kabupaten Nganjuk,” ungkap Gunawan sapaan akrab Drs Gunawan Widagdo MSi.

Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk saat foto bersama peserta pembekalan

Menurut Gunawan, kegiatan ini sejalan dengan upaya reformasi birokrasi yang digaungkan Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) ASN di Kabupaten Nganjuk.

“Kegiatan pembekalan ini dimaksudkan untuk melakukan sertifikasi kompetensi kerja konstruksi jenjang 6 manager lapangan pelaksana pekerjaan gedung sebagai salah satu syarat penanggung jawab badan usaha atau untuk registrasi Sertifikat Badan Usaha (SBU),” urainya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata Gunawan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk memerlukan dukungan dan partisipasi aktif dari semua komponen yang berhubungan dengan jasa konstruksi, khususnya dari kalangan pelaku usaha di bidang jasa konstruksi.

Ia juga berharap, agar para peserta dari badan usaha jasa konstruksi supaya dapat meningkatkan kompetensi kerja konstruksi khususnya jabatan kerja manager lapangan pelaksana pekerjaan gedung.

“Dengan kegiatan ini, peserta diberikan pembekalan-pembekalan tentang manager lapangan yang nantinya akan berpengaruh terhadap pelaksanaan jasa konstruksi yang ada di Kabupaten Nganjuk. Harapannya, pelaku jasa konstruksi nantinya betul-betul handal dan memiliki kompetensi,” tegasnya.

Peserta tampak antusias mengikuti pembekalan

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kasi Jasa Konstruksi Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk, Eka Sasana Utama menambahkan, kegiatan ini mengacu pada PP Nomor 14 tahun 2021 tentang perubahan atas PP Nomor 22 Tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang jasa konstruksi.

Selain itu, juga berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Bina Konstruksi Nomor 12.1 tentang penetapan jabatan kerja dan konversi, jabatan kerja eksisting serta jenjang kualifikasi bidang jasa konstruksi.

“Kegiatan ini diikuti oleh 22 peserta, yang berasal dari badan usaha jasa konstruksi Kabupaten Nganjuk dengan mendatangkan Asesor dari Tim LSP Astekindo Jawa Timur,” tandas Eka.

Diketahui, hadir dalam acara tersebut, Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk, Drs Gunawan Widagdo MSi, Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk, Ir Agus Subekti dan Tim LSP Astekindo Jawa Timur.

Reporter : Jumiati