Pemeliharaan Jalan, UPTD Dinas PUPR Wilayah II Potong Rumput Liar

Magetan, megapos.co.id – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) wilayah II Kabupaten Magetan melakukan pemeliharaan jalan dengan memotong rumput atau ilalang di sejumlah titik pinggir jalan.

“Ini adalah kegiatan rutinitas setiap musim penghujan karena rumputnya tebal di pinggir jalan,” ujar Kasubag TU UPTD PUPR Wilayah II, Partini.

Menurutnya, babat rumput dilakukan supaya bahu jalan berfungsi dengan baik, pandangan pengguna jalan jelas dan drainase ketika air hujan turun bisa lancar.

“Pemeliharaan bahu jalan meliputi, potong rumput, bikin sudetan biar air hujan mengalir ke saluran-saluran drainese jika air hujan mengalir ke jalan raya akan merusak aspal, sehingga mengganggu pengguna jalan raya, jadi kita dalam rangka memelihara kondisi jalan biar layak untuk dilalui oleh pengguna jalan.” Kata Partini.

“Kita juga tidak bisa mentargetkan kepada petugas yang diterjunkan untuk melaksanakan pemeliharaan pembabatan rumput pinggir jalan karena tergantung pada mesin dan tenaganya. Kalau mesinnya lancar, pekerjaan bisa terus lanjut, namun sebaliknya jika peralatan rusak ya pekerjaan potong rumput terpaksa harus berhenti,” terangnya lagi.

Untuk sementara, lanjutnya, kegiatan di UPTD Wilayah II, kegiatan pengaspalan kurang lebih 3 bulan sudah selesai, mengingat hal ini menunggu proses pengadaan material.

Untuk diketahui, panjang jalan yang ditangani oleh UPTD PUPR Wilayah II jalur Buluharjo sampai Pasar Hewan kecamatan Plaosan kabupaten Magetan.

Adapun pekerjaan perawatan bahu jalan meliputi sudetan genangan air hujan, potong rumput, keprasan pohon dan perataan timbunan bahu. (ADV/Pari)