Bawaslu Nganjuk Gelar Rakor Penyusunan IKP

Nganjuk, megapos.co.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nganjuk menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) pada pemilu dan pemilihan serentak 2024, Jumat (18/11/2022) di Front One Hotel, Nganjuk.

Hadir dalam acara tersebut, Koordinator Divisi (Kordiv) SDM, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Kabupaten Nganjuk Abdul Syukur Junaidi, Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Faturahman Safi’I dan Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Moh Safi’I Anam.

Rakor ini diikuti 60 peserta terdiri dari anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk, Panwascam, Kanit Intel Polsek, Intel Kodim, Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk dan Kesbangpol Kabupaten Nganjuk.

Dalam kesempatan itu, Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Faturahman Safi’I mengatakan, bahwa rakor ini dimaksudkan untuk melakukan pemetaan dan penyusunan IKP pada pelaksanaan pemilu dan pemilihan 20224 dengan mengacu kepada potensi kerawanan pada pelaksanaan pilkada 2017 maupun pemilu 2019.

Selain itu, kata Faturahman, IKP ditarget bisa menjadi alat proyeksi dan deteksi dini terhadap kemungkinan kerawanan yang muncul dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak 2024.

“Sehingga dari hasil pemetaan dan penyusunan IKP nantinya, bisa menjadi basis data dalam menyusun strategi dan program pencegahan terkait potensi yang akan muncul dalam tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024,” terangnya.

Ia berharap, dengan rakor ini, seluruh peserta bisa mendapatkan gambaran yang riil. “Jadi, potensi kerawanan yang terjadi dalam pelaksanaan pemilu dan pemilihan serentak 2024 nantinya bisa disampaikan secara fakta,” tandasnya.

“Karena, hal tersebut akan dijadikan penilaian apakah itu masuk kategori potensi kerawanan ringan, sedang ataupun berat. Sehingga dari hasil penilaian itu, kita bisa melakukan pencegahan dengan metode tertentu,” tutupnya.

Reporter : Jumiati