Lagu Blitar Kawentar Resmi Jadi Lagu Ikon Kota Blitar

Blitar, megapos.co.id – “Blitar, kutha cilik kang kawentar”, Blitar Kawentar yang begitu menggambarkan Kota Blitar. Lirik tersebut akhirnya mengantarkan Alm. Andjar Any lebih di kenal masyarakat luas, khususnya masyarakat Blitar.

Tepat pada peringatan hari Pahlawan (10/11/2022), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Blitar resmi mendaftarkan hak cipta atas lagu itu.

Peresmian lagu Blitar Kawentar sebagai ikon Kota Blitar, serta bentuk apresiasi kepada almarhum ditandai dengan penandatanganan royalti kepada ahli waris Alm. Andjar Any oleh Walikota Blitar, H. Santoso.

“Lagu Blitar Kawentar sendiri memiliki nilai filosofis yang menggambarkan semangat masyarakat Blitar secara khusus. Lagu tersebut juga menggambarkan Kota Blitar dari masa ke masa,” kata Walikota Blitar

Dalam penggalan syair lagu Blitar Kawentar juga menceritakan sejarah perlawanan rakyat Blitar pada masa penjajahan Jepang yang tergabung dalam barisan Pembela Tanah Air (Peta). Alm. Andjar Any juga menunjukkan keadaan geografis Blitar yang terdapat gunung Kelud.

Dengan bangga, Alm. Andjar Any juga menegaskan dalam liriknya bahwa Blitar merupakan tempat Bung Karno kecil menghabiskan waktu.

Selain itu, dalam syairnya terdapat kalimat yang menunjukkan sang Proklamator, Ir. Soekarno di kebumikan di Blitar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebuydaaan Kota Blitar, Edy Wasono mengatakan bahwa, sudah saatnya seluruh ruang publik di Blitar harus secara kompak memutar lagu tersebut.

Selain itu, Ia juga mengajak dinas-dinas di Kota Blitar juga dapat memutar lagu ikonik Kota Blitar tersebut agar lebih dikenal.

”Lagu Blitar Kawentar ini sudah saatnya diputar dalam setiap ruang lingkup masyarakat Kota Blitar. Lagu ini dapat diputar di Terminal, Stasiun, serta ruang-ruang publik lainnya. Selain itu, dinas-dinas yang berada di Kota Blitar sudah sepatutnya memutar lagu ini sebagai bentuk dukungan dan kebanggaan Masyarakat,” terang Edy Wasono.

Sekretaris Daerah Kota Blitar, Priyo Suhartono juga menambahkan jika Pemerintah Kota Blitar turut bangga atas peresmian lagu tersebut. Ia juga berharap jika anak muda dan seniman di Blitar dapat mengikuti jejaknya, selain menghasilkan karya yang populer juga menciptakan karya yang mengangkat potensi Kota Blitar.

”Saya sangat bangga dengan peresmian lagu Blitar Kawentar sebagai lagu ikonik Kota Blitar serta ditetapkannya atas Hak Kekayaan Intelektualnya. Saya juga berharap nantinya pemuda dan seniman di Blitar dapat membuat karya yang dapat mendomplang nama Blitar sendiri,” tegas Priyo. (Adv/kmf/ayu)