Politik & Pemerintahan

Bupati Trenggalek Terima Penganugerahan Bintang Legiun Veteran RI

Trenggalek, megapos.co.id – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Legiun Veteran RI kepada Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin.

Tanda kehormatan itu diberikan karena dedikasi Mas Ipin serta darma bakti untuk perkembangan dan kemajuan organisasi LVRI selama ini.

Mas Bupati Ipin sendiri usai menerima penganugerahan mengatakan bahwa mungkin di Kabupaten Trenggalek ada yang lebih layak untuk menerima tanda kehormatan tersebut. Tanda kehormatan itu juga berkat dukungan dari Pemkab Trenggalek.

Penganugerahan Bintang Legiun Veteran RI, menurut Mas Ipin juga merupakan wujud silaturahmi lintas generasi di mana perjuangan kebangsaan harus terus berlanjut.

“Meskipun kemerdekaan itu telah diupayakan, direbut, tapi ada momentum di mana kita harus mempertahankan, dan mungkin angkatan saya nanti bagaimana mengisinya menjadi yang disebut oleh Jenderal Sudirman dulu merdeka yang seratus persen,” ucap Mas Ipin di Pendapa Manggala Praja Nugraha, Jumat (17/3/2023).

“Bung Karno sendiri menyampaikan bahwa kemerdekaan sejatinya hanyalah jembatan emas, dan di ujung jembatan itu kita bangun yang namanya taman sari Indonesia merdeka,” sambungnya.

Menurut Mas Ipin, jika dulu legiun veteran ada angkatan 45 maupun dalam mempertahankan kemerdekaan. Mungkin nanti juga akan ada pejuang 45 tetapi bukan tahun 1945 melainkan 2045 ketika 100 Indonesia merdeka. Di mana tantangannya juga berbeda.

“Kalau dulu Bung Karno mengajak vivere pericoloso, sekarang mungkin saya memaknai perjuangan kita harus menjalani hidup selayak-layaknya, karena kita harus menciptakan cita-cita merdeka itu di mana seperti konstitusi bagaimana Pancasila dan semangat proklamasi,” ungkapnya.

“Itu yang menjadi PR kita sekarang, ketika dulu Panitia Sembilan kemudian memunculkan teks pembukaan, salah satunya ingin melindungi segenap tumpah darah, saya dan generasi saya mampu tidak meneruskan perjuangan,” lanjut Mas Ipin.

“Memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia,” tandasnya. (Adv/Kom/sdr)