DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Mengenal Lebih Dekat Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Nganjuk

Mengenal Lebih Dekat Gedung Layanan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, megapos.co.id – Gedung Layanan Perpustakaan Daerah adalah sebuah gedung baru milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk yang selesai dibangun pada 9 Januari 2023.

Gedung ini menepati aset tanah milik Pemkab Nganjuk seluas 8511 m2, bangunan seluas 1300 m2. Peletakan batu pertama pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah ini dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk kala itu, yaitu Marhaen Djumadi.

Sebuah gedung baru berlantai 2 ini dibangun dari dana bantuan pemerintah pusat tahun 2022 dengan pagu anggaran sebesar Rp 9,5 miliar.

Gedung yang berlokasi di Jalan Mastrip No. 230 ini, saat ini menjadi salah satu bangunan milik Pemkab Nganjuk yng sangat representatif yang dikelola oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Nganjuk, Dyah Puspita Rini melalui Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan, Fitri Kusuma Wardani mengatakan, ada beberapa fasilitas yang dimiliki Gedung Layanan Perpustakaan Daerah ini, yaitu Ruang Layanan Anak, sebuah layanan ramah anak yang lengkap dengan fasilitas tempat bermain, aneka mainan anak dan fasilitas penunjang lainnya membuat Ruang Layanan Anak menjadi fasilitas menarik yang ramai dikunjungi anak-anak usia dini.

“Ruangan yang nyaman dan bersih, membuat anak-anak sangat antusias berkunjung di Gedung Layanan Perpustakaan,” terang Fitri sapaan akrab Fitri Kusuma Wardani.

Lalu, katanya, ada Ruang Disabilitas. Ruang ini menyediakan layanan bagi penyandang disabilitas sehingga perpustakan memiliki peran yang adil bagi setiap pengunjung perpustakaan. Perpustakaan juga telah memenuhi layanan untuk memudahkan para pengguna perpustakaan penyandang disabilitas

Selain itu, menurut Fitri, ada Ruang Rapat. Gedung Layanan Perpustakaan ini juga mempunyai ruang yang akan difungsikan sebagai ruang rapat.

“Lalu, Ruang Pengolahan Data. Ruang Data juga difungsikan untuk ruang staf dan karyawan perpustakaan. Dimana seluruh administrasi akan diolah dan dilayani di ruang ini,” bebernya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, Ruang Laktasi. Ruang yang telah dioperasikan sejak pertengahan tahun 2023 ini dapat digunakan untuk menyusui secara langsung maupun digunakan untuk pumping ASI.

Lemudian, ada Layanan Umum Perpustakaan. Layanan ini berada di lantai dua. Tempat ini menjadi paling banyak dikunjungi masyarakat dengan koleksi 38.000 buku.

“Masyarakat kabupaten Nganjuk dapat dengan mudah mengakses dan memanfaatkan layanan ini lengkap dengan layan internet gratis bagi pengunjung perpustakaan,” imbuhnya.

Sementara itu, terdapat Ruang TIK. Di ruang TIK, pengunjung juga bisa mengakses internet secara gratis. Fasilitas jaringan internet gratis ini juga untuk mendorong minat baca bagi masyarakat Nganjuk yang memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

“Dengan menyiapkan internet gratis dapat memudahkan dalam mengakses langsung berbagai informasi bagi kepentingan para pengunjung perpustakaan,” urainya.

Ruang Pengolahan Buku dan Ruang Referensi. Ruang koleksi referensi adalah salah satu satu koleksi yang dilayangkan kepada masyarakat sebagai bagian tugas pokok dan fungsi layanan perpustakaan.

Koleksi referensi adalah kumpulan bahan pustaka yang memuat informasi tertentu yang disusun agar dapat digunakan sebagai alat petunjuk di sebuah perpustakaan.

Masih menurut Fitri, salah satu fasilitas yang menarik yaitu Ruang Baca Outdoor. Bagi para pengunjung yang menginginkan fasilitas ruang baca outdoor gedung ini juga dilengkapi ruang baca di luar ruangan.

“Lalu ada juga fasilitas Toilet. Dengan fasilitas toilet yang bersih dan nyaman, pengunjung perpustakaan diharapkan nyaman dalam menggunakan fasilitas ini,” tandasnya.

Sebagai informasi, jam operasional Layanan Perpustakaan pada hari Senin – Kamis pukul 08.00 – 15.30 WIB. Hari Jumat pukul 08.00 – 14.30 WIB. Layanan perpustakaan tetap buka di hari Sabtu dan Minggu pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Animo masyarakat yang tinggi untuk mengunjungi gedung layanan ini menunjukan masyarakat suka dan nyaman dengan fasilitas baru milik Pemkab Nganjuk ini dengan angka kunjungan hampir 70 persen setiap harinya.

Gedung layanan perpustakaan akan terus meningkatkan pelayanan agar pengunjung perpustakaan bisa aman, nyaman dan optimal dalam memanfaatkan layanan perpustakaan ini.

Salah satu pengunjung perpustakaan, Suhartatik mengaku sangat senang sekali berkunjung ke Layanan Perpustakaan yang baru ini, Karena fasilitas internetnya memadai, sarana pengetahuan anak untuk mencari literasi itu juga sangat memadai.

“Terima kasih untuk Layanan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk. Sebagai warga Nganjuk, kami sangat bangga adanya Gedung Layanan Perpustakaan yang baru ini,” katanya yang juga seorang pendidik.

Reporter : Jumiati