DaerahHead Line NewsMagetanPolitik & Pemerintahan

Pemdes Plangkrongan Bangun Rabat Jalan Beton Antar Dusun

Magetan, megapos.co.id – Prioritas penggunaan dana BKKD di bidang infrastruktur terus dimanfaatkan untuk pembangunan dan kemajuan desa, salah satunya upaya perbaikan jalan poros antar dusun melalui pembangunan rabat jalan antar dusun, di mana sebelumnya jalan tersebut areal jalan yang rawan longsor.

Seperti yang dilaksanakan Pemdes Plangkrongan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Jawa Timur membangun rabat jalan beton antar dusun yang berlokasi di RT 36/RW 04 Dusun Plangkrongan Desa Plangkrongan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan.

Edi Siswanto selaku Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) mengatakan, pembangunan rabat jalan beton yang dikerjakan ini tujuannya untuk memperlebar bahu jalan.

“Selain jalan tersebut, merupakan jalan cukup penting yang butuhkan warga masyarakat, juga untuk mempermudah akses atau mobilitas masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian antar dusun,” terangnya, Selasa (18/6/2024).

Menurut Edi, pembangunan rabat jalan beton ini, dengan panjang 120 meter dan lebar 50 x 150 meter kanan kiri.

“Adapun dana bersumber dari BKKD tahun 2024 sebesar Rp 40 juta, pengerjaan secara swakelola dikerjakan masyarakat setempat, menengah ke bawah dari segi ekonomi, dan saat ini sudah mencapai 30 persen pengerjaan,” ungkapnya.

Ia juga berharap, pembangunan cepat terselesaikan supaya nantinya masyarakat bisa merasakan manfaatnya, tidak hanya memberikan rasa aman bagi warga namun juga kenyamanan bagi masyarakat saat melintas.

Hal senada juga di sampaikan Kepala Desa Plangkrongan Wawan Setyo Budi, S.Kh saat di temui di kantornya.

‘Pembangunan Rabat jalan beton yang tengah di kerjakan dan juga untuk memperlebar badan jalan, merupakan jalan penghubung antar perdukuhan, serta merupakan akses jalan bagi warga masyarakat melaksanakan aktivitas sehari-hari,” terangnya.

“Di harapkan ketika musim hujan tiba jalan dapat di akses dengan normal, dan masyarakat tidak takut akan terjadi longsor dan licin lagi, sehingga masyarakat yang melakukan aktivitas sehari-hari bisa lancar dan tak ada kendala, nyaman, aman dalam transportasi,” tukasnya. (Supari)