DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Wujudkan Lansia Sehat, Desa Tawing Rutin Adakan Posyandu Lansia

Tulungagung, megapos.co.id – Dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan lansia di wilayahnya, Pemerintah Desa (Pemdes) Tawing Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung mengadakan kegiatan Posyandu Lansia.

Posyandu lansia merupakan wadah untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pembinaan kepada kelompok usia lanjut.

Kepala Desa Tawing, Nanang Setiawan saat di konfirmasi mengatakan bahwa Pelayanan kesehatan lansia di posyandu lansia dilaksanakan oleh Nakes jajarannya yang terdiri dari bidan desa dan perawat desa, pelayanan kesehatan lansia tersebut diadakan rutin setiap bulan pada minggu ke-2 dan tentunya Pemerintah Desa memberikan makanan tambahan yang bergizi.

“Posyandu Lansia di laksanakan secara rutin minggu kedua setiap bulannya dan juga para lansia kami berikan makanan tambahan yang bergizi,” katanya.

Nanang mengungkapkan peserta yang hadir tiap bulannya di atas 80 orang dan di harapkan kegiatan posyandu lansia ini mampu memberikan pemahaman dan kesadaran yang baik tentang pola hidup sehat.

“Antusias peserta lansia cukup lumayan tinggi dan kami harapkan kegiatan ini berdampak langsung pada kesehatan para peserta” ungkapnya.

Nanang menjelaskan, kegiatan Posyandu lansia Desa Tawing bertujuan untuk menskrining kesehatan masyarakat juga meningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat.

“Biasanya untuk pemeriksaan kesehatannya meliputi pemeriksaan penyakit tidak menular seperti kolesterol, asam urat dan gula pada usia produktif sampai lansia serta kunjungan rutin pada penderita hipertensi dan diabetes melitus ( cek tensi, BB, TB ), “jelasnya.

Lebih lanjut Nanang, mengatakan Undang-undang RI nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan diantaranya menyebutkan bahwa upaya untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan masyarakat termasuk lanjut usia dilaksanakan berdasarkan prinsip non diskriminatif, partisipatif dan berkelanjutan.

“Para warga lansia di Desa Tawing berhak untuk ikut pada pelaksanaan rutin posyandu lansia,” imbuhnya.

Kegiatan dilaksanakan oleh kader dan di bantu oleh tenaga kesehatan dengan tahapan, antara lain, tahap 1 yaitu Pendaftaran usia lanjut sebelum pelaksanaan pelayanan oleh kader. Kemudian tahap 2 untuk pencatatan kegiatan sehari-hari yang dilakukan usia, serta penimbangan BB, pengukuran TB dan IMT oleh Kader.

Selanjutnya tahap 3 Pengukuran tekanan darah, pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan status mental oleh tenaga kesehatan. Tahap 4 Pemberian penyuluhan dan konseling (pemeriksaan laborat) dan pemberian obat-obatan sederhana oleh tenaga kesehatan dan dibantu oleh kader. Dan tahapan 5 pemberian makanan tambahan oleh kader.

Nanang berharap, dengan adanya Posyandu Lansia ini, para lansia di desanya dapat hidup sehat dan kuat hingga usia tua.

“Harapan kami, dengan adanya Posyandu Lansia ini, para lansia di Desa Tawing dapat terjaga kesehatannya dan tetap aktif di usia senja,” pungkasnya. (Sdr)