DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Bawaslu Nganjuk Dorong Pilkada 2024 Berintegritas dan Bermartabat

Nganjuk, megapos.co.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nganjuk menggelar Sosialisasi Pengawasan dan Penandatanganan Komitmen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 Berintegritas dan Bermartabat Siap Menang Siap Kalah.

Acara tersebut digelar pada Kamis (3/10/2024) di Front One Hotel, Nganjuk.

Ketua Bawaslu Kabupaten Nganjuk, Yudha Harnanto mendorong pelaksanaan Pilkada 2024 yang berintegritas dan bermartabat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, menurut Yudha, dibutuhkan partisipasi semua pemangku kepentingan.

“Komitmen bersama sangat penting untuk memastikan Pilkada 2024 ini, berjalan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” terang Yudha.

Fungsi pengawasan Bawaslu, katanya, diprioritaskan untuk memastikan pemilihan yang berintegritas dan bermartabat. Pengawas pemilu memiliki tugas tidak hanya mengawasi proses dan hasil, tetapi juga menciptakan situasi pemilihan yang aman dan kondusif.

“Pemilihan yang berintegritas harus dilaksanakan dalam suasana damai,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Yudha mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk yang telah mendukung penuh dalam rangkaian tahapan Pilkada 2024 ini.

“Salah satunya, dukungan support anggaran dan Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Bawaslu dari tingkat kecamatan hingga kabupaten,” imbuhnya

Selain itu, lanjut Yudha, dukungan yang tidak kalah pentingnya dari TNI/Polri yang diwujudkan dalam pengerahan keamanan.

“Sehingga, saat bekerja, kita merasa tenang dan aman dalam melaksanakan rangkaian tahapan Pilkada 2024,” tegasnya.

Ia menyakini bahwa dukungan dan support yang diberikan oleh aparat penegak hukum ini, menambah keyakinan bahwa, ke depan, akan terwujud Pilkada 2024 yang bermartabat dan berintegritas

Tidak hanya itu, tambah Yudha, peran serta media sebagai pilar demokrasi akan mampu mengawal berjalannya demokrasi.

“Di Pilkada 2024 ini, peran media adalah menyampaikan informasi yang baik dan berimbang serta menyuguhkan berita yang bersifat edukatif sehingga jauh dari keberpihakan dari salah satu calon kepala daerah,” bebernya

Untuk itu, kata Yudha, Bawaslu Kabupaten Nganjuk mengajak pasangan calon yang diusulkan gabungan partai politik untuk komitmen melaksanakan Pilkada 2024 berintegritas dan bermartabat siap menang dan siap kalah.

“Semoga komitmen ini mampu membawa Pilkada 2024 di Kabupaten Nganjuk yang kondusif dan sejuk,” pungkasnya.

Sebagai informasi, acara dimulai dengan penandatanganan Komitmen Pilkada 2024 Berintegritas dan Bermartabat Siap Menang Siap Kalah.

Penandatanganan diawali dari ketiga Calon Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk yaitu Muhammad Muhibbin Nur-Aushaf Fajr Herdiansyah, Ita Triwibawati-Zuli Rantauwati dan Marhaen Djumadi-Trihandy Cahyo Saputro.

Kemudian disusul oleh Pj Bupati Nganjuk yang diwakili Fatkurahman dari Bakesbangpol Kabupaten Nganjuk, jajaran Forkopimda, Bawaslu Kabupaten Nganjuk dan KPU Kabupaten Nganjuk. (Jt)