Head Line NewsNganjukPendidikan

Begini Cara SMAN 1 Nganjuk Peringati HUT ke-38

Nganjuk, Mega Pos – Dalam rangka memperingati HUT ke 38, Sekolah Menengah Atas ( SMA) Negeri 1 Nganjuk menggelar Kejuaraan Pencak Silat tingkat SMP/ MTs se-Kabupaten Nganjuk yang bertajuk “The 2nd SMASA Cup 2018”.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala UPTD Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Nganjuk, Adi Prayitno di aula SMA Negeri 1 Nganjuk, Kamis (1/11/2018). Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Olahraga Kabupaten Nganjuk Drs Supiyanto MM dan jajarannya, Kepala SMA Negeri 1 Nganjuk Dr Rita Amalisa, dan peserta kejuaraan pencak silat.

Kepala SMA Negeri 1 Nganjuk, Dr Rita Amalisa saat ditemui di sela acara mengatakan bahwa kejuaraan pencak silat ini diikuti 387 peserta dari SMP/MTs se Kabupaten Nganjuk.

“Animo peserta sangat luar biasa untuk mengikuti kejuaraan pencak silat yang kita gelar tahun ini. Karena tahun 2017 yang lalu peserta yang mengikuti hanya 250 peserta dan tahun 2018 ini naik menjadi 387 peserta,” ujarnya.

Menurutnya, kejuaraan pencak silat ini digelar untuk kedua kalinya mengingat banyaknya animo generasi muda terhadap cabang olahraga pencak silat. “Terlebih, SMA Negeri 1 Nganjuk menjadi ikon pencak silat di Kabupaten Nganjuk karena banyak sekali anak didik yang mampu menorehkan prestasi,” katanya.

Rita berharap melalui momentum peringatan HUT ke 38 ini, ke depan, SMA Negeri 1 Nganjuk bisa lebih berprestasi baik di bidang olahraga pencak silat maupun di bidang lainnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh peserta lomba untuk mengikuti perlombaan dengan tertib dan selalu menjunjung tinggi sportivitas selama pertandingan berlangsung.

Sementara itu, Waka Kesiswaan, Maryono menambahkan, dalam kejuaraan pencak silat ini terdapat tiga kategori lomba yang ditandingkan yaitu kategori tunggal, beregu dan seni.

Nganjuk-Pencak-Silat-2

“Peserta akan memperebutkan juara 1, 2 dan 3 untuk masing-masing kategori sekaligus juara umum. Mereka yang berhasil menjadi juara akan mendapatkan tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan,” ungkapnya.

Selain kejuaraan pencak silat, katanya, rangkaian kegiatan juga digelar untuk memeriahkan HUT sekolah, di antaranya lomba futsal, Pramuka, lomba MIPA, Bahasa Inggris dan voli.

Dikatakan, pihaknya juga akan menggelar pagelaran wayang kulit dengan Dalang Ki Akbar Syah Alam, siswa kelas XII SMA Negeri 1 Nganjuk yang akan digelar pada 11 Januari 2019 mendatang.

“Kita nanti juga akan mendatangkan bintang tamu Jo Klitik Jo Kluthuk dengan sinden Lusi Brahman,” pungkasnya.

Reporter : Jumiati
Editor : M. Hartono