DaerahHukum & KriminalMalang

Polemik Program Sapi KUD Pakis

Malang, megapos.co.id – Program Sapi KUD Pakis tahun 2014 merupakan bantuan dari Pemprov Jawa Timur untuk KUD Pakis Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Saat itu KUD menerima bantuan 30 ekor sapi. Sebelumnya masyarakat petani dikumpulkan di rumah salah satu warga pada tahun 2014 oleh Ridwan Suhatno Sujud, SE, MM Manajer KUD Pakis, guna pembagian bantuan sapi, masing-masing petani mendapat 2 ekor sapi. Adapun syaratnya harus menyerahkan sertifikat tanah atau bangunan, sebagai jaminan.

Heri, salah satu penerima sapi bantuan asal RT 07/RW 04 Desa Pakis Kembar  Kecamatan Pakis Kabupaten Malang mengaku jika sapi tersebut dikembalikan ke KUD Pakis. Namun sebaliknya, jaminan berupa sertifikat rumah sampai sekarang belum dikembalikan oleh pihak KUD Pakis.

Sedangkan warga lainnya mengatakan, ia telah menerima bantuan 2 sapi dari Pemprov Jawa Timur, untuk perawatan atau pemeliharaan selama 4 bulan mencarikan rumput pagi dan sore, juga diberi polar. Setelah sapinya gemuk malah diminta oleh manajer KUD untuk dijual karena sudah waktunya.

“Selama merawat sapi, saya tidak mendapat ganti rugi, malah sertifikat rumah saya sampai saat ini belum dikembalikan. Apabila tidak dikembalikan oleh KUD Pakis maka akan saya tuntut ke meja hijau,” ungkapnya, Kamis (1/11/2018).

Petani tersebut juga meminta agar manajer KUD Pakis untuk diperiksa oleh Tipikor, soal bantuan sapi yang diduga digelapkan tersebut. Namun sayangnya, Ridwan Suhatno Sujud, SE, MM Manajer KUD Pakis sampai saat ini belum bisa dikonfirmasi.

Reporter : Hendri Sumarto

Editor : M. Hartono