DaerahMalangPolitik & Pemerintahan

Jalan Rusak, Warga Mengeluh

Malang Raya, megapos.co.id – Banyaknya jalan yang rusak, utamanya di Desa Tlogosari Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang, yang berjarak 15 kilometer dari tempat wisata Pantai Ngliyep, dikeluhkan warga.

Bukan hanya jalan lingkar desa saja, namun jalan alternatif dari Dusun Bantengputih Desa Sumbermanjingkulon Kecamatan Pagak menuju wilayah Kecamatan Donomulyo sebagian banyak yang sudah rusak.

Diketahui, jalan yang ada di Desa Tlogosari tersebut dibangun dari dana PNPM Mandiri tahun 2010, dan banyak yang sudah hancur. Padahal itu adalah jalan ekonomi yang sangat diperlukan masyarakat desa menuju Pasar Sumbermanjingkulon maupun Donomulyo.

Pada tahun 2017 sebagian jalan sudah diperbaiki dengan dibangun jalan cor semen, namun sekarang keadaannya sudah banyak yang retak. Pembangunan jalan itu sendiri dibiayai negara.

Sayangnya, Kepala Desa Tlogosari belum bisa  dikonfirmasi terkait kerusakan jalan ini. Ketika Mega Pos berusaha datang ke kantor desa, yang bersangkutan tidak ada di tempat. “Pak Kades lagi ke kantor kabupaten,” kata salah seorang staf kantor desa.

Ini adalah contoh kecil dari suatu bangunan pemerintah yang tidak terkontrol secara baik. Mestinya setiap ada proyek bangunan harus ada pengawasan instansi terkait agar kualitas mutu bangunan bisa dipertanggungjawabkan.

Reporter : Harjono Soeprapto

Editor: M. Hartono