DaerahHead Line NewsHukum & KriminalNganjuk

Puluhan Warga Ngetos Keracunan Nasi Aqiqah

Nganjuk, megapos.co.id – Naas benar nasib puluhan warga Dukuh Sumberbendo Desa Ngetos Kecamatan Ngetos. Diduga, gara-gara menyantap nasi kotak hajatan aqiqah salah seorang warga, mereka keracunan massal hingga dilarikan ke Puskemas dan rumah sakit terdekat, Jumat (7/12/2018).

“Awalnya, pada Kamis (6/12/2018), pasangan suami istri (pasutri) Nur (35) dan Sri (27) warga setempat saat menggelar tasyakuran akikah membagikan nasi sebanyak 150 kotak yang berisi nasi putih, daging kambing, dan sayur pepaya ke tetangga,” kata AKP Moh. Sudarman Kasubbag Humas Polres Nganjuk.

Usai menyantap nasi kotak tersebut, kata Sudarman, mereka banyak mengeluh mual, mutah, panas, diare dan pucat lemas. “Kemudian, mereka berdatangan ke Puskesmas Ngetos dengan keluhan yang sama. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan dan diobservasi tidak ada perubahan, maka penderita dirujuk ke rumah sakit,” jelasnya.

Menurut Sudarman, sampai saat ini jumlah penderita sebanyak 93 orang. “Masing-masing dirujuk ke RSU 71 orang, rawat inap Puskesmas Berbek 2 orang, rawat jalan 18 orang, dan observasi di Puskesmas Ngetos 2 orang,” terang Sudarman.

“Untuk menyelidiki kasus ini, malam ini sampel dikirim ke BBLK Surabaya 5 sampel yaitu daging mentah, daging masak, nasi putih, air untuk memasak dan muntahan makanan,” tambahnya.

Untuk diketahui, sampai malam ini Tim Tagana masih menyisir ke rumah-rumah penduduk. Untuk mengantisipasi korban bertambah, bidan setempat membuka posko. Selain itu, ditambah armada 2 ambulance dari rumah sakit maupun Puskesmas terdekat.

Reporter : Jumiati

Editor : M. Hartono