DaerahHead Line NewsHukum & Kriminal

Ngaku Bisa Bantu Jadi CPNS Jalur Khusus, Pria ini Tipu Mantan Sekdes

Lamongan, megapos.co.id – Unit Reskrim Polsekta Lamongan mengamankan Sup (56) warga Dusun Blungkan Desa Sendangrejo Kecamatan/Kabupaten Lamongan, Jumat (14/12/2018). Dia diringkus usai memperdayai Tohiron, mantan Sekretaris Desa Pangaktrejo, Lamongan.

“Pelaku diamankan atas laporan Tohiron, mantan Sekretaris Desa Pangaktrejo, Lamongan, yang tertipu ratusan juta rupiah dengan iming-iming bisa meloloskan anaknya menjadi CPNS,” ujar Kompol Harmudji Kasubbag Humas Polres Lamongan, Minggu (16/12/2018).

Harmudji mengungkapkan, ditangkapnya pelaku berawal pada April 2017 silam. Saat itu korban bertemu dengan pelaku. Pada pertemuan itu, pelaku bercerita kepada korban jika dirinya bisa membantu anak korban untuk menjadi tenaga honorer atau CPNS jalur khusus di Dinas Kesehatan.

“Akhirnya korban tertarik dan sepakat membayar uang pelicin Rp 15 juta. Katanya itu uang kelancaran,” urainya.

Selanjutnya anak korban, disuruh segera melengkapi persyaratan lamaran yang ditujukan ke RSUD dr Soegiri Lamongan. Setelah membuat lamaran, korban sering dimintai uang lagi hingga total mencapai Rp 245, 8 juta dengan alasan untuk memperlancar pengurusan CPNS.

Ternyata setelah ditunggu tunggu, janji pelaku tidak pernah ditepati, hingga korban memintanya uang kembali. Namun saat uang diminta kembali oleh korban juga hanya janji. Kemudian kasus ini dilaporkan ke SPKT Polsekta Lamongan.

“Selain mengamankan pelaku, juga diamankan barang bukti berupa 23 lembar kwitansi bermaterai bukti pembayaran dan dua lembar tanda bukti setoran dari Bank Jatim,” beber Harmudji.

Reporter : Eksan

Editor      : M. Hartono