DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Untuk Menarik Wisatawan, Adakan Bersih-bersih Pantai

Tulungagung, megapos.co.id – Untuk menarik wisatawan lokal atau luar daerah supaya berkunjung ke Pantai Brumbung di Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung, UPT P2SKP Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur wilayah Popoh  melaksanakan kegiatan pesisir bersih atau bersih-bersih pantai, Rabu, (19/12/2018).

“Dengan implementasi undang-undang nomor 23 tahun 2014, kami melaksanakan program pemberdayaan tentang bersih-bersih pantai yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung, Babinsa, TNI AL wilayah Popoh, kelompok sadar wisata (Pokdarwis) serta masyarakat sekitar sejumlah 60 orang,” ujar Choirul Huda Kepala UPT P2SKP DKP Provinsi Jawa Timur wilayah Popoh.

Untuk UPT P2SKP DKP Provinsi Jawa Timur wilayah Popoh saat ini meliputi seluruh pesisir wilayah Kabupaten Tulungagung, termasuk Pantai Sine, Brumbun, Popoh, Gemah, dan Pantai Ngelo. “Untuk hari ini kami melaksanakan bersih-bersih pantai di Brumbun, dan kemarin kita laksanakan di Pantai Popoh,” jelas Choirul.

Choirul berharap, mudah-mudahan di lain waktu pihaknya bisa melaksanakan hal serupa. Misalnya, di Desa Jengglungharjo atau wilayah yang lain dalam program yang sama, sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat setempat.

Sementara itu, untuk menunjang minat wisatawan ke Pantai Brumbun, perlu adanya sarana dan prasarana yang memadai, yaitu akses menuju lokasi wisata.

Choirul menyampaikan, salah satu kendala di wilayah pesisir Kabupaten Tulungagung ini adalah kurang adanya akses yang memadai, yaitu jalan yang bagus menuju tempat wisata.

Dia berharap, mudah-mudahan dengan masuknya program ini, dan dengan bantuan media, akan bisa membantu menyuarakan kesulitan yang dialaminya, yakni minimnya akses yang memadai menuju tempat wisata.

“Semoga permasalahan ini ada kebijakan dari DKP Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung, maupun dari instansi terkait,” ujarnya.

Misalnya, lanjut Choirul, Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung bisa memberikan perhatian terhadap masalah-masalah akses jalan menuju Pantai Brumbun ini. “Memang harus dibuka dan diperbaiki, bahkan dikembangkan untuk akses yang lebih mudah, supaya masyarakat lebih cepat berkembang dan maju terhadap ekonominya, pungkasnya.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor      : M. Hartono