BanyuwangiDaerahHead Line NewsPendidikan

Wawasan Kebangsaan untuk Peserta Diklat Jurnalis Tingkat Nasional MPN

Banyuwangi, megapos.co.id – Ratusan wartawan dari berbagai media yang tergabung dalam organisasi pers Majelis Pers Nasional (MPN) berkumpul di aula agra wisata Banyuwangi, Senin (17/12/2018).

Mereka mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) jurnalistik ke-1 tingkat nasional. Sebelum mengikuti diklat, para kuli tinta ini dibekali wawasan kebangsaan oleh Prof H. Moh. Kusnurridlo M.Pd, yang juga Ketua Dewan Pakar MPN.

Dalam paparannya, Kusnurridlo mengatakan betapa pentingnya wawasan kebangsaan bagi para wartawan. Sebab, di dalam negara yang terdiri dari ribuan pulau dengan luas laut dan daratannya ini harus ditumbuhkan jiwa nasionalisme yang tinggi. “Sanggupkah kita mempertahankan alam kekayaan dan segala yang ada di dalamnya ?,” katanya dengan nada bertanya.

Menurutnya, wartawan harus optimis sanggup, asal mau berikhtiar. Meski diuji dengan macam -macam infomasi yang sangat dinamis baik yang positif, tetap lebih banyak yang negatif yang lebih ngetren dengan sebutan berita hoax.

“Melihat keadaan keadaan bangsa Indonesia yang seperti ini warwatan sebagai penyambung lidah rakyat tidak boleh tinggal diam. Maka saya menyaksikan hari ini peserta diklat sanggup berkontribusi dalam mempertahan ketahanan nasional,” ucapnya.

Disampaikan, yang terpenting dalam mempertahankan ketahanan nasional, di samping pengelolaan sumber kekayaan alam dengan tepat sesuai undang-undang. tak kalah penting bahwa di era sekarang yaitu menghadiri pemimpin nasional yang negarawan menata tata kehidupan sosial budaya sesuai norma-norma yang sudah digariskan yang disebut dengan kesepakatan atau konsensus dasar hidup bernegara dengan berbangsa.

“Ini penting karena sampai hari ini pemahaman masyarakat tentang berbangsa dan bernegara masih normatif belum teraktualisasikan dalam kehidupan nyata. Di sinilah peran warwatan profesional andil menguatkan nilai-nilai pancasila. Artinya wartawan selain profesional juga bermartabat,” jelas Khusnurridlo.

Usai memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada peserta diklat, Prof. H. Khusnurridlo membuka pelaksanan diklat yang ditandai dengan pemukulan drum didampingi Ketua Umum MPN H. Umar Wiro Hadi SH, MM dan Kepala Bakesbangpol Banyuwangi H. Eko Wiyono.

Reporter : Markam

Editor      : M. Hartono