DaerahHead Line NewsPendidikanSurabaya

SMK PGRI 1 Surabaya Tuan Rumah LKS Wilker 1 2018 Bidang TSM

Surabaya, megapos.co.id – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA.

Pemenang LKS tingkat Nasional akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills (Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN) dan World Skills International Competition  (Kompetisi Keahlian tingkat Dunia). Siswa yang mengikuti LKS adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan karenanya adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.

Lomba Kompetensi Siswa diadakan setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat internasional.

Nominasi lomba LKS wilker 1, Deny Prasetio Budi

Tahun ini, SMK PGRI 1 Surabaya mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah salah satu bidang lomba LKS yaitu Teknik Sepeda Motor (TSM). Bukan tanpa alasan pihak Dinas Pendidikan memilih SMK PGRI 1 sebagai tuan rumah bidang lomba tersebut, tentu ada pertimbangan khusus yang menjadikan SMK PGRI 1 layak untuk menjadi tuan rumah. Kelengkapan serta sarana yang menjadi fasilitas SMK PGRI 1 bidang keahlian Teknik Sepeda Motor menjadi penilaian utama Dinas Pendidikan Wilker 1 menunjuk SMK PGRI 1 sebagai tempat gelaran bergengsi tersebut.

Acara yang diagendakan tiga hari mulai hari ini, Selasa 10 Desember sampai dengan 12 Desember 2018 telah dipersiapkan dengan matang oleh pihak panitia SMK PGRI 1 sebelumnya, baik kesiapan tempat, bahan, alat maupun mesin yang akan digunakan. Tidak banyak yang harus dipersiapkan, karena memang standar pembelajaran yang dilakukan sehari-hari yang dilakukan bapak/ibu guru SMK PGRI 1 sudah baik, kondisi mesin-mesin praktik juga sangat layak dan terawat bahkan tergolong jenis mesin terbaru.

Acara yang diikuti oleh 24 SMK seluruh wilayah kerja (wilker) yang meliputi Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro dan Madura tersebut memiliki tujuan akhir mampu melahirkan siswa berprestasi di bidang teknik sepeda motor. Tingkat kesulitan yang cukup tinggi harus dilalui oleh masing-masing peserta, rangkaian kegiatan yang harus dilakukan antara lain melakukan pengujian sistem rem, sistem pompa bahan bakar, kelistrikan motor, pengujian batere,penggantian driver pulih, combe break, tune up eve, diagnosa, serta troble shoting`

Pada seleksi lomba LKS wilker 1 ini akan dipilih 5 nominasi untuk maju pada tahap lomba LKS di tingkat Propinsi Jawa Timur. Dan sangat bersyukur sekali tahun ini salah seorang siswa SMK PGRI 1 Surabaya lolos menjadi nominasi lomba LKS wilker 1 atas nama Deny Prasetio Budi.

Lomba LKS merupakan salah satu jalan untuk meraih masa depan yang cemerlang. Semoga hasil yang terbaik yang dapat diberikan, masalah menang atau kalah itu hal yang sudah biasa dalam suatu lomba, namun semangat juang yang tinggi mampu menginspirasi orang-orang di sekitarmu.

Reporter : Eka

Editor     : M. Hartono