DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Presiden Jokowi Tinjau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Ngemplak

Tulungagung, megapos.co.id – Sebelum melaksanakan peresmian Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) dan Jembatan Ngujang 2 di STKIP PGRI Tulungagung, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan menuju Pasar Ngemplak untuk meninjau harga kebutuhan pokok dan berinteraksi langsung dengaan  pedagang, Jumat (4/1/2019).

Di pasar ini Presiden Jokowi menemukan beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikan seperti daging ayam. Sebelumnya harga daging ayam sebesar Rp 31 ribu perkilogramnya dan kini naik menjadi Rp 32  ribu perkilogramnya.

“Meskipun harga daging ayam naik seribu rupiah, dan naiknya hanya sedikit, hal itu menjadi perhatian khusus untuk pemerintah pusat dan harus diperhatikan,” ujar Presiden Jokowi.

Menurutnya, yang menyebabkan kenaikan daging ayam dikarenakan harga pakan ternak yang lebih tinggi. Adapun harga beras medium atau premium di pasaran cukup stabil melalui operasi pasar yang digelar oleh Bulog.

Untuk mengendalikan angka inflasi, lanjut Jokowi,  pemerintah terlebih dahulu meninjau komoditas beras. Hal ini disebabkan komoditas beras yang cukup di pasaran sehingga harga sangat stabil, terutama beras jenis medium dengan harga Rp 8.500 perkilogramnya.

“Berdasakan laporan tingkat inflasi secara umum di tahun 2017 mencapai angka 2,6 persen, dibandingkan tahun 2018 kemarin 2,13 persen, artinya angka inflasi menurun,” ungkap Presiden Jokowi.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor      : M. Hartono