DaerahHead Line NewsTulungagung

TKW Asal Tulungagung Meninggal Dunia di Taiwan

Tulungagung, megapos.co.id – Pinasih (42) tenaga kerja wanita (TKW) asal RT 004/RW 005 Dusun Sumberagung Desa Sumberagung Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung, meninggal dunia di negara Taiwan, Senin (24/12/2018).

Diketahui, Pinasih bekerja di negara Taiwan melalui jasa penyalur tenaga kerja Indonesia PPTKIS yang terdaftar pada 31 Oktober 2018, lalu dengan  nomor verifikasi E-KTKLN B.213/P4TKI-/P01/XI/2018.

Yumar, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tulungagung membenarkan jika ada salah satu warga Tulungagung yang meninggal dunia di negara Taiwan. “Benar, yang bersangkutan adalah TKW dan meninggal karena sakit,” ujarnya kepada megapos.co.id, Senin (7/1/2019).

Yumar menambahkan, setiap hari Pinasih merawat orang tua atau jompo, sebelum diketahui meninggal dunia oleh majikannya. Dikabarkan, dia menderita penyakit stroke dan pingsan kemudian dibawa ke rumah sakit setempat oleh majikannya.

“Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter, pembulu darahnya pecah yang mengakibatkan meninggal dunia,” jelasnya.

Lebih lanjut Yumar menjelaskan, terkait mekanisme pemulangan jenazah Pinasih, saat ini tim dari Disnakertrans Kabupaten Tulungagung menginformasikan ke pihak keluarga untuk mengurus surat-surat maupun dokumen saat penjemputan jenazah, termasuk administrasi maupun asuransi lainnya.

“Kedatangan jenazah dijadwalkan tiba di Indonesia melalui pesawat kargo China Airlaines yang diperkirakan tiba pada Rabu, 9 Januari 2019,” katanya.

Diketahui, berdasarkan data dari Disnakertrans Tulungagung, jumlah TKI maupun TKW asal Tulungagung yang meninggal dunia pada tahun 2017 dan 2018 menurun, dengan prosentase  6 persen.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor      : M. Hartono