DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Peringati HPN 2019, Kodim 0810 Ngajuk Bersama PWI Nganjuk Gelar Penghijauan

Nganjuk, megapos.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019, Kodim 0810 Nganjuk bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nganjuk menggelar kegiatan penghijauan yang dipusatkan di Dusun Sugihan Desa Duren Kecamatan Sawahan, Selasa (4/2/2019).

Turut hadir dalam acara tersebut, Dandim 0810/Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo, Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Drs Puji Santoso MM, Adm Perhutani Nganjuk Bambang Cahya Purnomo, anggota PWI Nganjuk dan para pendekar dari berbagai perguruan silat yang tergabung dalam IPSI Nganjuk.

Dandim 0810/Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo kepada awak media mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan gabungan dari Kodim 0810 Nganjuk, Polres Nganjuk, KPH Perhutani Nganjuk, PWI Nganjuk dan komponen masyarakat, salah satunya IPSI Nganjuk.

Foto bersama usai kegiatan penghijauan di Dusun Sugihan Desa Duren Kecamatan Sawahan

“Kegiatan penghijauan pagi ini dimaksudkan untuk menghijaukan Nganjuk karena kita sadari bersama saat ini kondisi lahan di Kabupaten Nganjuk terutama di kawasan hutan mulai tidak kondusif. Bahkan, belum lama ini terjadi bencana longsong akibat hutan gundul,” ungkap Dandim.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kita bersama untuk menjaga kelestarian lingkungan agar terhindar dari bencana banjir dan longsor.

Senada dengan Dandim 0810/Nganjuk, ADM Perhutani Nganjuk, Bambang Cahyo Purnama mengungkapkan bahwa penanaman penghijauan ini difokuskan di Desa Duren yang mana beberapa waktu lalu sempat terjadi tanah longsor.

“Kawasan hutan yang memang membutuhkan rehabilitasi seluas 120 hektar, dan kami telah menyiapkan lebih dari 80 ribu bibit yang merupakan bibit swadaya dari masyarakat dimana saat ini masyarakat kita libatkan dalam proses rehabilitasi,” ungkapnya.

Ke depan, kata Bambang, masyarakat juga akan mendapatkan bagi hasil kayu. “Selain itu, kita juga mengarahkan masyarakat untuk menaman tanaman buah-buahan atau biji-bijian sehingga harapannya bisa meningkatkan kesejahteaan masyarakat itu sendiri,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Nganjuk, Andik Sukaca mengatakan, pihaknya sengaja turut serta berpartisipasi dalam kegiatan positif ini. “Kegiatan penghijauan ini merupakan kegiatan rangkaian peringatan HPN yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2019,” ungkapnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini akan mampu menjadikan Kabupaten Nganjuk menjadi lebih hijau dan terhindar dari segala macam bencana. Selain itu, melalui momentum peringatan HPN tahun 2019 ini, ia berharap, insan pers khususnya yang tergabung di dalam PWI Nganjuk semakin profesional di dalam menjalankan tugasnya.

Reporter : Jumiati

Editor : M. Hartono