DaerahHead Line NewsNgawiPolitik & Pemerintahan

Musrenbang Kabupaten Ngawi 2019, Penentu Arah Pembangunan dan Percepat Kesejahteraan

Ngawi, megapos.co.id –  Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ngawi mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan  (Musrenbang) dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) kabupaten Ngawi tahun 2020, Kamis (21/3/2019) di Widya Graha Kabupaten Ngawi .

Acara dihadiri oleh unsur Forkopimda, Bupati, Wabup, Ketua /Wakil DPRD, Setda, Kepala Bappeprof Jatim, Bappeda tetangga, Asisten,  Staf Ahli,  Camat beserta delegasinya, BUMN, Ormas, LSM, Media, dan Tokoh Masyarakat.

Acara Musrenbang Kabupaten Ngawi Tahun 2019 di Pendopo Widya Graha Kabupaten Ngawi

Acara dimulai pukul 08.30 WIB, dengan dimulai dengan penampilan tari selamat datang, diteruskan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, doa,  dan sambutan-sambutan baik dari pihak peyelenggara yaitu  Bappeda, Kepala Bappeprov Jatim,  dan ketua  DPPRD Kabupaten Ngawi. Pada acara tersebut juga ada penyampaian aspirasi forum anak untuk perencanaan layak anak. Selain itu, juga penyerahan penghargaan peyelengaraan Musrenbang RKPD di kecamatan.

Agus Sutopo, S.STP.MT, Sekdin Bappeda mewakili Kepala Badan Indah Kusuma Wardhani, S. pt. M. Si. dalam laporan penyelenggaranya memaparkan bahwa acara ini dilaksanakan satu hari dengan pembukaan di Pendopo Widya Graha diteruskan  dengan rapat teknis siang sampai sore hari dengan 3 bidang yang masing-masing bidang prasarana wilayah di Aula Bappeda,  bidang ekonomi di ruang aula PKK, dan bidang pemerintahan dan kemasyarakatan  di pendopo.

Dilaporkan juga  oleh Agus sutopo bahwa Musrenbang sangatlah penting karena salah satu  keberhasilan pembangunan dengan adanya perencanaan yang matang dan terarah.

Lebih jauh Agus memaparkan bahwa Musrenbang ini untuk penyusunan RKPD tahun 2020 dimana merupakan tahun ke 5 masa jabatan Bupati  yaitu  mulai  2016-2021 yang pada tahun 2021 awal harus sudah penyampaian LPJ bupati selama menjabat pada periode ke 2 ini.

Peserta Musrenbang Kabupaten Ngawi saat menyanyikan Indonesia Raya

Dijabarkan juga bahwa kisaran nominal pengelolaan anggaran pada tahun 2020 pada kisaran angka Rp 1,9 trilyun dengan  3 titik berat, yaitu pertama penanggulangan kemiskinan, kedua peningkatan pelayanan dasar, tiga peni gkatan pertumbuhan ekonomi yang tentun didalamnya termasuk kwalitas infrastrukfur, tatakelola pemerintahan dan modal kondusifitas daerah.

Adapun  target yang ingin  dicapai sesuai visi-misi  Bupati  yaitu penurunan angka kemiskinan memjadi 13,3% dimana pada tahun 2018 masih pada angka 14,8%,kesejahteraan manusia diangka 69, dengan nilai pertumbuhan emonomi 5,5%.

Bupati  Ngawi Ir. Budi Sulistyono Kanang dalam  sambutannya mengapresiasi semua  yang hadir,  termasuk  Bappeda daerah  tetangga dan memberikan  motivasi semangat  etos kerja semua piranti  daerah beserta  OPD dengan basic E-kinerja agar capaian kinerja bisa terukur, terarah,  singkron dan mudah dievaluasi.

Bupati  Kanang disela sela  acara ketika diwawancarai oleh awak media  mengaku optimis dengan modal capaian nilai predikat A kedepan bisa memperoleh peningkatan AA dengan tentunya  bergandengan tangan semua,  guyup-rukun satu tujuan  yaitu demi kesehjahteraan masyarakat. (Adv/Bappeda)

Reporter : Budiono

Editor : M. Hartono