DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Bersinergi dengan Media, Bawaslu Gelar Media Gathering

Nganjuk, megapos.co.id – Dalam rangka membangun sinergitas bersama media, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Nganjuk menggelar acara Media Gathering yang mengambil tema “Peran Strategis Kehumasan Bawaslu dan Media Massa Dalam Pemilihan Umum Serentak 2019”, di rumah makan Andaru, Kamis (11/4/2019)

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Nganjuk, Abdul Aziz mengajak media atau insan pers bersinergi dalam rangka berpartisipasi dalam proses pemilu serentak tahun 2019. “Bersama Bawaslu, mari kita sukseskan pemilu ini dengan melakukan peran kita masing-masing,” ungkap Abdul Aziz.

Ia menegaskan bahwa Bawaslu Kabupaten Nganjuk melibatkan media untuk membangun komunikasi melalui publikasi terkait kepemiluan sehingga hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat. “Kita berharap, teman-teman pers ikut membantu Bawaslu untuk melakukan sosialisasi kepemiluan,” katanya.

Sehingga, kata Aziz, masyarakat bisa mengakses pemberitaan-pemberitaan tentang kepemiluan dengan lebih objektif dan positif. “Bersama Bawaslu dan peran media ini nanti harapannya bisa memberikan pendidikan politik kepada masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Fina Lutfiana mengatakan media memiliki peran penting dalam rangka turut mensukseskan pemilu serentak 2019.

Komisioner Bawaslu Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Fina Lutfiana saat memberikan materi tentang media

Menurutnya, banyaknya berita hoaks atau bohong bisa menciderai demokrasi, dengan adanya media, berita hoaks bisa ditangkal. “Selain itu, media juga memiliki peran yaitu publikasi sosialisasi tentang pemilu,” katanya.

Dalam melakukan pengawasan dan penindakan pelanggaran Pemilu, lanjutnya, Bawaslu Nganjuk memiliki banyak kegiatan salah satunya dibentuknya Kampung Awas Desa Cempoko Kecamatan Berbek, yang menerima sejumlah pelaporan pelanggaran Pemilu.

“Selain itu, Bawaslu akan mengadakan kegiatan serentak secara nasional yaitu Apel Patroli Anti Money Politik yang digelar Jumat (12/4/2019). Dan juga patroli ke tempat pemungutan suara (TPS) rawan,” pungkasnya.

Reporter : Jumiati