DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Wujudkan PAUD yang Berkualitas

Nganjuk, megapos.co.id – Pemerintah Kabupaten Nganjuk komitmen mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkualitas menuju SDM Nganjuk yang maju dan bermartabat. Salah satunya dengan menggelar Seminar Sehari dalam rangka memperingati HUT Nganjuk ke 1082 di Pendopo Kabupaten Nganjuk, Sabtu (27/4/2019). Acara tersebut di buka langsung oleh Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Himpaudi Provinsi Jawa Timur, Sekda Nganjuk Ir Agus Soebagijo, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Drs Moh Yasin MSi, dan 600 peserta seminar yang terdiri dari Bunda PAUD Kecamatan dan Pendidik PAUD.

Pelepasan balon oleh Bupati Novi dan Bunda PAUD Kabupaten Nganjuk, Bunda Yuni

Dalam sambutannya, Bupati Novi mengatakan bahwa arah pembangunan yang kedua Pemkab Nganjuk adalah meningkatkan SDM yang berkualitas. “Untuk mewujudkan hal itu, kita awali dari paling bawah yaitu pendidikan PAUD yang berkualitas,” tegasnya.

Bupati Novi menekankan bahwa ke depan, PAUD di desa-desa tidak perlu banyak, akan tetapi lebih ditekankan kepada kualitas pendidikan PAUD dimulai dari SDM tenaga pendidik. “Kita akan membatasi jumlah PAUD yang ada di desa-desa,” tambahnya.

Bupati juga berpesan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk dan pihak terkait untuk tidak mudah memberikan ijin pendirian PAUD. “Saya berharap Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk bekerjasama dengan PAUD membentuk tim untuk melakukan evaluasi PAUD yang ada di desa-desa,” terangnya.

Bupati Novi saat menyapa peserta lomba kreativitas kolase mamamia

Hal ini penting dilakukan, kata Bupati, untuk memastikan bahwa pendidikan PAUD yang ada di Kabupaten Nganjuk betul-betul berkualitas, tidak asal mendirikan sekolah PAUD. “Sehingga, ke depan, kita bisa memberikan bantuan baik sarana prasarana maupun tambahan insentif bagi tenaga pendidik PAUD,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Drs Moh Yasin MSi menambahkan kegiatan seminar sehari ini digelar dalam rangka memperingati HUT Nganjuk ke 1082. “Kegiatan ini bertujuan untuk  meningkatkan kualitas SDM tenaga pendidik dengan harapan mampu mencetak generasi bangsa yang cerdas dan berakhlaq mulia,” kata Yasin.

Selain seminar sehari, lanjutnya, juga digelar acara lomba kreativitas kolase mamamia yang diikuti lebih dari 800 peserta yang terdiri dari anak didik PAUD dan orang tua.

Reporter : Jumiati