DaerahHead Line NewsPendidikanTulungagung

Momen PPDB, Pegadaian jadi Solusi Dapatkan Uang

Tulungagung, megapos.co.id – Pegadaian adalah salah satu perusahaan milik pemerintah yang diminati oleh masyarakat untuk mencari solusi keuangan.

Seperti momen tahunan penerimaan peserta didik baru (PPDB) seperti sekarang ini, membuat orang tua atau wali murid cenderung menggadaikan barang – barang yang dimilikinya guna keperluan anaknya masuk sekolah.

Misnatun (54) warga Desa Tawangsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung mengaku mengadaikan perhiasannya untuk keperluan sekolah anaknya.

“Iya, saya gadaikan perhiasan saya di kantor pegadaian untuk keperluan sekolah anak saya dan kebutuhan lain-lain,” ucapnya, Selasa (18/6/2019).

Ia juga memilih kantor pegadaian milik pemerintah untuk mengadaikan barang-barangnya apabila ada keperluan mendadak.

“Kalau ada keperluan mendadak, saya gadaikan perhiasan saya di pegadaian. Sayang kalau dijual, karena saya masih menginginkan perhiasan tersebut,” katanya.

Sementara itu, Sucipto Kepala Kantor Pegadaian Tulungagung menjelaskan, minat masyarakat terhadap perusahaan pemerintah seperti pegadaian ini sangat tinggi. Seperti momen PPDB seperti sekarang ini dan menjelang hari raya, rata-rata meningkat 20 persen per tahunnya.

“Jenis barang yang masuk di Pegadaian Tulungagung 90 persen adalah berupa perhiasan emas. Kemudian barang-barang lainnya seperti televisi, kulkas, dan sepeda,” jelasnya.

Ditambahkan, pihaknya selalu memberikan inovasi kepada masyarakat, tidak hanya pelayanan gadai saja. Akan tetapi memberikan pelayanan berupa pembiayaan kendaraan bermotor, tabungan emas, serta pembiayaan jamaah calon haji.

“Momen-momen PPDB seperti sekarang ini, kalau untuk gadai dalam satu bulan mencapai Rp 80 juta sampai Rp 100 juta. Kalau untuk usaha mencapai miliaran rupiah,” ungkapnya.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor      : M. Hartono