DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & PemerintahanSeni Budaya & Pariwisata

Wabup Apresiasi Bersih Desa Gejagan

Nganjuk, megapos.co.id – Bersih desa merupakan tradisi turun temurun atau warisan budaya nenek moyang  khususnya di Desa Gejagan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Acara tersebut merupakan wujud rasa syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa, baik dari hasil panen melimpah, kesejahteraan dan kesehatan.

“Seluruh warga Desa Gejagan mengadakan acara rutin bersih desa ini dengan menggelar tasyakuran dengan membawa ambeng atau berkat di makam cikal bakal Desa Gejagan,” ungkap Kepala Desa Gejagan, Dedy Nawan MK, Senin (15/7/2019).

Wabup Marhaen Djumadi dan Kepala Desa Gejagan Dedy Nawan MK

Sebelumnya, kata Dedy, rangkaian acara bersih desa dibuka dengan acara pengajian. “Usai acara tasyakuran, nanti malam kita juga menggelar acara kesenian langen bekso. Kegiatan ini sengaja kita gelar sebagai wujud rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus memberikan hiburan untuk masyarakat Desa Gejagan,” katanya.

Ia berharap, dengan diadakannya rangkaian kegiatan bersih desa ini, bisa menumbuhkan rasa goyong royong dan meningkatkan tali silaturahmi sesama warga Desa Gejagan. “Semoga, ke depan, seluruh masyarakat Desa Gejagan diberikan kesehatan dan rejeki yang barokah serta diberikan kemakmuran,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi dalam sambutannya mengapresiasi masyarakat Desa Gejagan yang melaksanakan acara bersih desa sebagai wujud nguri nguri budaya. “Saya ikut bangga, hari ini Gejagan Nyawiji melaksanakan acara bersih desa. Alhamdulillah, antusias masyarakat Desa Gejagan luar biasa,” kata Wabup.

Wabup Marhaen Djumadi saat memberikan sambutan di makam cikal bakal Desa Gejagan

Tidak hanya masyarakat Gejagan, menurut Wabup, beberapa pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Nganjuk, juga turut memanjatkan doa di makam cikal bakal Desa Gejagan. “Semoga seluruh masyarakat Desa Gejagan diberikan rejeki yang barokah dan kehidupan yang sejahtera,” harapnya.

Diakui Wabup, dengan kepemimpinan Dedy Nawan sebagai kepala desa Gejagan, saat ini Desa Gejagan banyak mengalami kemajuan. “Di sepanjang jalan desa, jalan-jalan sudah tampak bagus, begitu juga dengan rumah tidak layak huni tidak kita temui di Desa Gejagan,” tambah Wabup.

Tidak hanya  itu, lanjutnya, jembatan Desa Gejagan yang selama 10 tahun ini kondisinya memprihantinkan dan nyaris roboh, berkat perjuangannya, saat ini pembangunan jembatan tersebut tengah dikerjakan dari dana APBD Kabupaten Nganjuk.

“Ke depan, kita menginginkan seluruh pembangunan infrastruktur di Desa Gejagan bisa terealisasi sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya warga Desa Gejagan,” pungkas Wabup.

Editor : Jumiati