BanyuwangiDaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Disperindag Gelar Bimtek UMKM di Kecamatan Kalipuro

Banyuwangi, megapos.co.id –  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi menggelar bimbingan teknis (bimtek) pelatihan bagi UMKM, Rabu (14/8/2019) di Kantor Kecamatan Kalipuro.

Acara tersebut dihadiri jajaran Forpimda, Kepala Disprendag Drs. Sih Wahyudi MM, Camat Kalipuro Henry Suhartono S.Sos dan staf se kecamatan Kalipuro dan diikuti 100 peserta bimtek terdiri dari ibu-ibu pengusaha UMKM.

Sebelum acara dimulai, diadakan pembagian sedekah untuk 5 anak yatim piatu oleh Kepala Dinas Disperindag Kabupaten Banyuwangi Drs.Sih Wahyudi bersama Camat Kalipuro. Acara bimtek diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama seluruh peserta bimtek dan undangan.

Dalam sambutannya, Camat Kalipuro Henry Suhartono S.Sos mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengajak para pengusaha ibu – ibu yang sudah terdaftar dari UMKM untuk dilakukan bimtek sekaligus berdialog dengan Kepala Disprendag Drs. Sih Wahyudi MM yang ingin memberikan pelatihan pada ibu – ibu pengusaha home industri nantinya.

“Di sini kita adakan kegiatan pelatihan untuk ibu – ibu pengusaha yang diprakarsai oleh Disperindag Kabupaten Banyuwangi yang peduli pada ibu – ibu dalam usaha UMKM home industri rumah tangga dan kebetulan sekali disini juga ada 3 desa yang bisa dilihat untuk menghasilkan seperti kopi yaitu, Desa Pesucen ini adalah menampilkan jajanan wingen yaitu jajanan pasar lokal, kemudian Desa Bulusari juga Desa Tlemung yaitu, sumber penghasilan kopinya sangat di percaya, bahkan home indutri kopi tersebut sudah melanglang buana kesemua masyarakat, hingga sampai ke manca Negara,” kata dari Henry.

“Oleh karena itu, pada saat yang tepat ini, giliran yang dilatih Desa Bulusari dengan cara pembuatan UMKM kopi, lalu di lanjutkan Kelurahan Kalipuro adalah pelatihan pembuatan jenis krupuk ini kelihatannya memang mudah, tapi pada prakteknya kurang begitu sempurna dalam pengolahannya masih perlu pelatihan khusus, apalagi belum mendapatkan seperti kelompok pendahulu, baru yang lain bisa mengikuti dengan sendirinya,” tuturnya.

“Sesuai dengan himbauan Bapak Bupati H.Abdulah Azwar Annas. M.si bahwa UMKM memberi solusi untuk membangun pondasi ekonomi mulai dari bawah, sehingga nantinya masyarakat bisa lebih kuat dan bisa menopang kegiatan dukungan partisipasi, aktif masyarakat dalam ikut serta membangun Kabupaten Banyuwangi, dengan kuat untuk pondasi dasar di butuhkan perlu belajar supaya bisa di tingkatkan lagi biar usaha tersebut lebih meningkat,” pungkasnya.

Reporter : Budiyono

Editor : M. Hartono