DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Karnaval HUT ke 74 RI, SMPN 2 Rejoso Tampil Unik dan Menarik

Nganjuk, megapos.co.id – Karnaval untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-74 RI kembali digelar di Kecamatan Rejoso, Kamis (22/8/2019). Ada 25 kelompok peserta yang tampil. Masing-masing kelompok peserta mengusung tema yang berbeda untuk menarik perhatian penonton.

Camat Rejoso didampingi Muspika dan Kepala SMPN 2 Rejoso M Jaenuri MPd (berbaju hitam) memberikan sambutan sebelum memberangkatkan peserta karnaval HUT ke 74 RI

Salah satu kelompok peserta yang banyak menyita perhatian, yakni dari SMPN 2 Rejoso. Sekolah tersebut mengangkat tema “Jayalah Negeriku, Jayalah Bangsaku. Menuju Indonesia Unggul Menjadi Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju”.

Dalam penampilannya yang melibatkan lebih dari 200 siswa ini, patut diapresiasi. Pasalnya, sekolah ini mampu memberikan suguhan yang unik dan menarik. Salah satunya, di sepanjang barisan terdapat puluhan siswa menampilkan kesenian jaranan.

Barisan kesenian jaranan saat tampil di Karnaval HUT ke 74 RI

“Kesenian jaranan ini merupakan wujud kebanggaan kita terhadap budaya asli Indonesia yang menggambarkan para pemuda Indonesia yang unggul yang siap mempertahankan dan memajukan Indonesia tercinta,” kata M Jaenuri MPd Kepala SMPN 2 Rejoso.

Di barisan tersebut, kata Jaenuri juga terdapat tim Bhineka yang mengenakan baju adat di seluruh nusantara dari Sabang sampai Merauke. “Bhineka ini menggambarkan beribu ragam bahasa berbeda, berbalut keramahan khas bangsa beragama dan budaya Indonesia, tetap bangga karena bersatu dalam perbedaan satu bahasa, satu tanah air bersatu Bhineka Tunggal Ika,” ungkap Jaenuri.

Uniknya lagi,  terdapat pula ikon Kabupaten Nganjuk berupa replika patung Roro Kuning yang ditampilkan di atas mobil hias. Selain itu, terdapat sesi penghormatan kepada bendera yang dilakukan seluruh peserta karnaval SMPN 2 Rejoso sebagai wujud untuk menanamkan jiwa patriotik.

Barisan Bhineka turut memeriahkan HUT ke 74 RI

Ia menegaskan, penampilan putra putri SMPN 2 Rejoso menunjukkan segala potensi, kekayaan dan keanekaragaman budaya Indonesia yang merupakan salah satu pilar kekuatan bangsa.

“Penampilan anak didik kita yang turut berpartisipasi mengikuti karnaval HUT ke 74 RI tahun ini sengaja dikemas secara unik dan menarik serta berbeda dengan peserta yang lain,” tegasnya.

Konsep berbeda yang diusung sekolah tersebut disambut antusias para penonton. Banyak penonton yang berebut mengabadikan penampilan siswa siswi SMPN 2 Rejoso.

Karnaval ini, lanjut Jaenuri, selain untuk memperingati HUT RI ke 74, juga untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya bangsa dan meneladani nilai-nilai jiwa patriotik para pahlawan.

“Melalui peringatan HUT Kemerdekaan RI diharapkan siswa-siswi SMPN 2 Rejoso bisa menghargai jasa pahlawan sehingga menumbuhkan rasa cinta tanah air serta menumbuhkan jiwa patriot dan semangat nasionalisme,” katanya lagi.

Selain itu, ia juga berharap kepada seluruh anak didiknya untuk berperan aktif dan semangat dalam mensukseskan semua program kegiatan sekolah sebagai wahana menggali potensi siswa siswi SMPN 2 Rejoso.

“Kita juga terus mendorong anak didik kita untuk mengikuti berbagai event perlombaan baik di bidang akademis maupun non akademis sebagai wujud implementasi latihan-latihan yang sudah dilakukan di sekolah dengan harapan mampu meraih prestasi baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat nasional,” pungkasnya.

Editor : Jumiati