BanyuwangiDaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Sosialisasi Program “Sedekah Sayang” Dana ADD Tahun 2019 Desa Kembiritan

Banyuwangi, megapos.co.id – Di Balai Desa Kembiritan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi, telah diadakan sosialisasi Program Sedekah Sayang dari dana ADD tahun 2019 yang akan dibagikan pada kaum fakir miskin dan janda yang sama sekali belum mendapat bantuan BPNT.

Acara tersebut dihadiri oleh Forpimdes dan Kepala Desa serta masyarakat penerima bantuan Sedekah Sayang dari Desa Kembiritan.

Sedikitnya terdapat 335 orang penerima bantuan, masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp 130 ribu. Jadi, total ADD yang di keluarkan untuk Sedekah Sayang Rp 37.017.500, Selasa 27 Agustus 2019.

“Kami punya program untuk membantu orang yang belum dapat bantuan BPNT atau PKH, maka kami sengaja untuk membuka peluang untuk warga dan fakir miskin yang mendapatkan bantuan Sedekah Sayang ini perlu saya terapkan dalam kurun waktu setahun sekali, sehingga masyarakat di sini biar sejahtera,” terang Suryadi, Kepala Desa Kembiritan, Kamis (29/8/2019).

Jadi Sedekah Sayang ini, katanya, program dari Pemerintah Desa Kembiritan melalui dana ADD Kabupaten Banyuwangi dialokasikan untuk masyarakat yang belum pernah mendapat bantuan dari BPNT maupun PKH ini tetap terverifikasi.

“Dari masyarakat yang kurang mampu dan kurang beruntung yang belum pernah dapat bantuan dari BPNT maupun PKH sekitar 335 Kepala Keluarga Pemanfaat (KKP),” katanya.

Menurutnya, bukan janda saja yang menerima bantuan tersebut, tetapi sesuai dengan data yang sudah terferivikasi dari tim surfei yang tergolong daftar orang tidak mampu dan berhak mendapatkan bantuan dana Sedekah Sayang dari Desa Kembiritan.

“Dengan demikian untuk kebutuhan dari masyarakat pada umumnya, bisa kami layani menggunakan ADD membantu minimal per orang Rp 110.500, itu sudah di potong pajak dari Pemerintah,” tambahnya.

“Harapannya kalau jatahnya satu bulan, katakan 10 hari minimal agak membaik meskipun tidak setiap bulan, akan tetapi kalau BPNT datangnya setiap bulan, ini anggaran untuk satu tahun sekali dalam Pemerintahan di haruskan program ini harus berjalan dengan kata lain betul – betul harus di laksanakan dengan sistematis sesuai ketentuan dari Pemerintah Kabupaten,” terangnya lagi.

“Sehingga masyarakat biar mendapatkan haknya dan bisa bermanfaat, perlunya Sedekah Sayang bisa meringankan beban bagi warganya demi mensejahterakan masyarakat supaya bisa terbantu,” pungkasnya.

Reporter : Budiyono

Editor : M. Hartono