DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Ciptakan Situasi Kondusif Pilkades Serentak, Forkompica Gelar Apel Siaga Gabungan

Pacitan, megapos.co.id – Tahun 2019 ini Kabupaten Pacitan akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang tersebar di 137 desa. Tidak ketinggalan di wilayah Kecamatan Pringkuku ada 7 desa yang akan menggelar pesta demokrasi 6 tahunan ini dan diikuti oleh 18  calon kepala desa (Cakades).

Untuk itu Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Pringkuku melaksanakan apel gabungan dalam pengamanan pilkades serentak di halaman Pendapa Kecamatan Pringkuku, Kamis (3/10/2019). Sedang pelaksanaan pilkades serentak akan diadakan pada 14 Oktober 2019.

“Agenda saat ini adalah untuk mengecek kesiapan para linmas dan panitia pilkades di masing-masing desa yang akan melaksanakan pilkades,” ujar M Daryono S.Sos, MM Camat Pringkuku usai acara apel gabungan pada awak media.                 .

Dikatakan, apel gabungan digelar bukan berarti was-was atau khawatir akan terjadinya gangguan kamtibmas, namun untuk memastikan para panitia memang sudah benar-benar siap dalam melaksanakan pesta demokrasi itu.

“Jadi agenda yang dipelopori oleh Satpol PP ini melibatkan personel Polri, TNI, Linmas, Pol PP dan seluruh masyarakat, karena pesta demokrasi ini adalah tanggung jawab kita semua,” paparnya.

Dijelaskan, apel siaga ini diikuti 100 personel gabungan sehingga pada pelaksanaan dan pasca penetapan calon kepala desa terpilih tidak ada gangguan yang berarti di masyarakat dengan kondisi yang adem ayem.

“Mari kita bersama-sama menjaga kondusifitas di masing-masing desa karena ketika para panitia dan linmas tidak bisa berlaku adil dan tidak netral, tentu akan muncul berbagai masalah. Namun saya yakin pilkades serentak di wilayah Kecamatan Pringkuku dijamin aman, tentram, damai dan bermartabat,” kata M Daryono.

Diketahui, agenda pilkades serentak kali ini memang sangatlah berbeda dari tahun-tahun yang lalu, karena panitia pilkades saat ini diberi keleluasaan dalam menentukan jumlah TPS seperti yang telah diatur oleh undang-undang, sehingga kesiagapan para calon dan para pendukung serta para pemilih benar-benar sangat dituntut kedewasaannya.

Panitia pilkades serta para panita pengawas harus benar-benar siap. Terlebih saat ini ada calon kepala desa yang sudah menjabat 2 kali sehingga propaganda yang ada dan stigma para pemilih benar-benar diuji oleh keadaan.

Reporter : Addy MG

Editor : M Hartono