DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

KPU Nganjuk Gelar Evaluasi Pemutakhiran Data Pemilu Tahun 2019

Nganjuk, megapos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk menggelar acara evaluasi pemutakhiran data pemilih Pemilu tahun 2019, Selasa (8/10), di Aula Front One Hotel, Nganjuk. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengevaluasi semua tahapan pemutakhiran data pemilih.

Ketua KPU Kabupaten Nganjuk, Pujiono mengatakan, meski tidak menyelenggarakan pemilu, namun pemutakhiran data pemilih tetap dilakukan untuk menyelamatkan atau menyimpan data pemilih yang telah divalidasi sesuai perkembangan pemilih di Kabupaten Nganjuk.

“Data pemilih di KPU tersebut akan dilakukan penyimpanan beserta catatan-catatan, di antaranya catatan data pemilih yang meninggal dunia atau pemilih pindah tempat dengan pemberian tanda khusus. Data-data tersebut akan dipelihara hingga pada pelaksanaan pemilu berikutnya,” ungkap Pujiono.

Dalam evaluasi tersebut, kata Pujiono, tidak hanya dilakukan evaluasi terhadap alur pemutakhiran data pemilih, namun juga dilakukan evaluasi terhadap sumber daya manusia yang terlibat aktif di dalamnya. Mulai dari PPDP, PPS, PPK hingga KPU dan Disdukcapil sebagai pembanding ketersediaan data dan tak ketinggalan operator-operator di masing–masing jenjang.

Selain itu, lanjutnya, juga dilakukan kajian ulang terhadap norma atau aturan berupa surat edaran KPU maupun PKPU yang selama ini dijadikan rujukan pelaksanaan kegiatan. “Sehingga apabila dianggap dalam pelaksanaan kegiatan pemutakhiran ada hal yang kurang relevan, maka di kemudian hari akan ada penyempurnaan terhadap pelaksanaan pemutakhiran data pemilih,” pungkas Pujiono.

Reporter : Jumiati