DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Peringati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, SMKN 1 Bagor Gelar Berbagai Lomba

Nganjuk, megapos.co.id – Dalam rangka memperingati hari maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1441 Hijriah/2019 Masehi, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bagor menggelar berbagai lomba, Kamis (14/11/2019). Diantaranya lomba Dai, Fashion Show Baju Muslimah, Krasi Hijab, Muadzin, Hafalan Quran, Cerdas Cermat Quran, MTQ dan Kaligrafi.

Lomba Kreasi Hijab

Kepala SMK Negeri 1 Bagor, Drs Suparjo, M.MPd melalui Waka Kesiswaan Efin Sulistyorini mengatakan berbagai kegiatan lomba ini sengaja digelar untuk memeriahkan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. “Adapun hasil yang dicapai adalah menerapkan karakter siswa agar terbentuknya sebuah karakter yang kreatif, rasa ingin belajar yang tinggi dan rasa percaya diri pada siswi-siswi dengan harapan bisa memacu untuk berprestasi,” ungkap Efin saat ditemui www.megapos.co.id, Selasa (19/11/2019).

“Selain itu, juga untuk mencari bibit-bibit peserta didik yang memiliki bakat dan potensi untuk kita persiapkan di berbagai event perlombaan atau kejuaraan, salah satunya lomba memperingati HUT Kemerdekaan NKRI yang digelar setiap tahun,” kata Efin.

Foto bersama para pemenang lomba usai upacara bendera

Menurutnya, dari tiap perlombaan yang digelar memperebutkan juara 1, 2 dan 3. “Bagi mereka yang mampu meraih juara di masing-masing lomba kita umumkan untuk menerima penghargaan dan uang pembinaan saat upacara bendera Senin tanggal 18 November 2019 yang lalu,” tambahnya.

Diakuinya, penghargaan atau reward ini sengaja diberikan kepada para pemenang lomba dimaksudkan untuk memotivasi peserta didik untuk lebih berprestasi.

Selain menggelar lomba, lanjut Efin, pihaknya juga menggelar pengajian yang mengambil tema tentang Maulid Nabi Muhammad SAW dengan pemateri atau tauziah dari KH Ishomudin dari Prambon yang digelar di halaman belakang sekolah, Jumat (15/11/2019).

Siswa siswi tampak antusias mengikuti acara pengajian

Sebelum acara tauziah dimulai, katanya, siswa siswi melakukan sholawatan bersama sebagai wujud ekspresi kekaguman dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW dengan harapan bisa mendapatkan syafa’at di hari akhir kelak dan akan selalu mendapat ridha Allah SWT.

Maulid Nabi atau Maulud adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah.

Pantauan www.megapos.co.id, antusias siswa siswi luar biasa. Mereka mengikuti rangkaian kegiatan dari awal sampai selesai dengan penuh semangat.

 

Reporter : Jumiati