DaerahHead Line NewsPendidikan

Berantas Buta Baca Tulis Al Quran, Dinas Pendidikan Studi Tiru di Tuban

Nganjuk, megapos.co.id – Untuk mewujudkan pendidikan karakter dan memberantas buta Baca Tulis Al Quran (BTA), Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk melakukan studi tiru tentang pelaksanaan Baca Tulis Al Quran bagi siswa siswi yang beragama Islam di sejumlah lembaga sekolah di Kabupaten Tuban, Selasa (28/1/2020).

Rombongan terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Drs H Moh Yasin MSi dan jajarannya, ketua KKG PAI Kabupaten Nganjuk, Ridwan dan pengurus MKKS SMP dan Pengurus KKKS SD.

Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk saat melakukan studi tiru di SDN Kutorejo 1 Tuban

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Drs H Moh Yasin MSi melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar Drs Suroto MM mengatakan pihaknya memilih Kabupaten Tuban sebagai lokasi studi tiru karena pelaksanaan BTQ di Kabupaten Tuban dinilai sudah berhasil.

Apalagi, kata Suroto, dalam upaya meningkatkan mutu kelembagaan pendidikan Taman Pendidikan Al Quran ( TPQ ),  Pemerintah Kabupaten Tuban telah mengesahkan Perda Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pendidikan Karakter dan Akhlak Mulia serta diperkuat dengan Perbup Nomor 5 Tahun 2018 tentang Gerakan Gemar Mengaji, melalui Bagian Kesra setda Kabupaten Tuban.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Drs Suroto MM

“Dengan studi tiru ini, harapannya agar pelaksanaan BTQ yang dilakukan di lembaga sekolah baik di tingkat SD maupun SMP yang ada di Kabupaten Tuban ini bisa diimplementasikan di Kabupaten Nganjuk,” ungkap Suroto saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (29/1/2020).

Menurutnya, ada empat lembaga yang dikunjungi Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, yaitu SMP Negeri 3 Tuban, SDN Kutorejo 1 Tuban dan SD Bina Anak Sholeh Tuban serta Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban.

Sementera itu, Kasi Kurikulum, Munawir menambahkan, Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk akan mengkaji hasil studi tiru di Kabupaten Tuban. “Terkait formulasi pelaksanaan BTQ yang akan diterapkan di Kabupaten Nganjuk, kita akan tetap melibatkan Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk dan Bagian Kesra Setda Nganjuk,” kata Munawir.

Menurutnya, upaya untuk pemberlakuan BTQ di jenjang SD dan SMP merupakan salah satu wujud upaya Pemerintah Kabupaten Nganjuk untuk mewujudkan Nganjuk berkarakter. “Supaya anak muslim dan muslimah yang ada di Kabupaten Nganjuk betul-betul mencintai Al Quran,” katanya.

Reporter : Jumiati