DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Gelar Sosialisasi Empat Pilar, Tekankan NKRI Harga Mati

Kota Madiun, megapos.co.id – Anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi PDI Perjuangan, Ir. Mindo Sianipar menggelar Sosialisasi Empat  Pilar Kebangsaan yang dilaksanakan di Warung Rejeki Jalan Sri Rejeki  Nomor 85 Kota Madiun, Selasa (11/2/2020).

Kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini diikuti oleh lebih 150 peserta yang terdiri dari Tokoh Masyarakat, Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan orang tua murid.

Adapun 4 pilar kebangsaan yang menjadi materi sosialisasi yakni Pancasila, Wawasan Kebangsaan, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Peserta tampak antusias mengikuti Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang digelar oleh Ir Mindo Sianipar

Ketua Panitia yang juga Ketua Kelompok Bermain (KB) Mentari, Yulianti Karyaning mengatakan, pihaknya menyambut baik dan sangat mengapresiasi dengan dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi Empat Pilar ini. “Karena secara esensi, tujuan dari pelaksanaan Sosialisasi Empat Pilar adalah untuk menanamkan kesadaran dalam diri kita, akan pentingnya empat pilar penyangga utamanya kokoh bangsa Indonesia, yakni Pancasila, Undang–undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” ungkap Yulianti.

Selain itu, katanya, juga sebagai upaya untuk mengembangkan dan menegakkan kehidupan di tengah kemajemukan bangsa Indonesia, agar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dengan berlandaskan Empat Pilar MPR-RI.

“Oleh karena itu, saya berharap semua peserta yang hadir, dapat menghayati dan mengamalkan nilai–nilai Pancasila, Undang–undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari–hari,” harapnya.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut,  materi sosialisasi diulas tuntas oleh dua pengisi materi diskusi dari dosen UNIPMA PGRI Kota Madiun yaitu  Indriyana Dwi Mustikarini, S.H,.M.H dan Dra  Nuswantari, M. H.

Menurut pemateri, Indriyana Dwi Mustikarini, S.H,.M.H, kegiatan yang digelar Ir Mindo Sianipar ini merupakan salah satu program dari DPR MPR RI terkait tentang pentingnya 4 pilar yang perlu diketahui oleh seluruh warga negara Republik Indonesia, dimana saat ini guna mencegah terjadinya paham yang bertentangan dengan idiologi negara yakni salah satunya paham tentang radikalisme.

“Oleh karena itu, Bapak Mindo selaku anggota DPR MPR RI memiliki tugas dalam hal mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan di seluruh Indonesia, karena dengan dilandasi empat pilar tersebut persatuan dan kesatuan negara kita tetap terjaga dengan satu ideologi yang sama yakni Pancasila sebagai dasar negara,” imbuhnya.

Sebab, katanya, nilai-nilai Pancasila, Undang–undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, yang digagas oleh pendiri bangsa ini atau the founding father akan senantiasa relevan dengan kondisi masyarakat Indonesia, baik di masa lalu, masa kini, dan di masa yang akan datang.

“Terutama terhadap pilar akhlak yang sangat diharapkan oleh para pendiri bangsa untuk perlu kita bangun dan budayakan, khususnya pembentukan karakter sumber daya manusia, yang ber-adab dan berakhlak mulia atau Well-being dalam segala sektor kehidupan,” tambahnya.

Sedangkan pemateri, Dra  Nuswantari, M. H. mengingatkan kepada masyarakat Indonesia, khususnya peserta sosialisasi untuk terus meningkatkan kecintaan terhadap NKRI.

“Kita ini terdiri atas beragam suku bangsa. Tapi perbedaan bukan alasan untuk kita terpecah belah, kita justru harus bersatu padu membangun negeri ini,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ir Mindo Sianipar melalui panitia menyerahkan buku pedoman tentang empat pilar kebangsaan kepada seluruh peserta sosialisasi.

Reporter : Jumiati